I’m positive AvPD

Mungkin AvPD terdengar asing, tapi sebenarnya AvPD adalah sebuah gangguan kepribadian. AvPD adalah singkatan dari Avoidant Personality Disorder atau lebih singkatnya ini adalah gangguan kepribadian menghindar. 

Tidak seperti gangguan kepribadian lain yang menarik diri secara total di lingkungan sosial, penderita AvPD ini sebenarnya punya keinginan untuk berbaur, hanya saja ada perasaan malu dan rendah diri sehingga penderita selalu berpikir untuk menarik diri karena merasa tidak layak. 

Orang yang dianggap penderita AvPD itu minimal yang berumur 20 tahun karena usia masa kanak dan remaja memang selalu ada waktu dimana ingin menarik diri dan itu wajar, mereka masih dalam tahap mencari jati diri. Jika kita sudah dewasa dan masih memiliki sifat itu, maka kita (mungkin) memiliki indikasi AvPD. 

Aku adalah salah satu penderita penyakit ini. Aku orang yang sangat tertutup sekali, dan selalu merasa orang-orang di sekitar aku superior. Aku selalu merasa iri dengan orang lain dan merasa kecil dibandingkan dengan yang lain. Aku juga tidak pernah berbicara tentang masalah pribadi aku dengan teman atau sahabat aku, selalu bahan perbincangan yang lain yang aku bicarakan entah itu musik, film, drama… sementara teman aku menjadikan aku bahan tempat curhat mereka. Ya, aku memang pendengar yang cukup baik tapi aku merasa iri dengan teman aku yang bisa begitu terbuka membicarakan masalah mereka sama aku. Aku juga ingin melepas masalah di dalam diri aku dengan jalan curhat tapi aku tidak punya keberanian, aku takut, aku merasa tidak nyaman, dan yang paling penting aku takut di judge. Serius, kalau aku disalahkan sedikit saja… aku pasti akan langsung diam dan air mata mulai turun diam-diam. Aku tahu menerima kritikan itu baik karena itu untuk kemajuan kan? Tapi kritikan selalu melemahkan aku. Makanya aku selalu diam dan berusaha tak terlihat karena aku takut salah.  

Yang juga membuat aku sesak karena memiliki gangguan ini adalah ketika aku mencoba membaur dengan teman-teman aku, selalu dan selalu aku menjadi pendengar dan sama sekali diam. Yang biasanya aku lakukan adalah jika mereka tertawa aku ikut tertawa tapi serius aku hampir tidak pernah ikut campur dalam pembicaraan mereka, terutama tentang masalah pribadi… tapi kalau mereka berbicara masalah lain seperti musik, drama, atau film aku bisa ikut berbicara karena aku setidaknya punya wawasan di bidang itu dan aku pun tidak akan dikritik atau dijudge oleh mereka.

Jujur mempunyai mental seperti ini sangat menakutkan. Aku sadar aku terlihat begitu lemah tapi mau bagaimana lagi? Aku sudah berusaha tapi selalu gagal. Diam selalu menjadi pertahanan aku. Aku bahkan bingung dengan masa depan aku, mau jadi apa aku kalau hal yang paling handal aku lakukan hanya diam?!

Dari kecil aku punya sifat ini. Aku punya teman hanya sedikit sewaktu sekolah. Teman SD satu, teman SMP satu, teman SMA 5, sedang teman kuliah? Entahlah… aku belum terlalu dekat dengan mereka, sifat aku yang seperti ini membuat aku membentengi diri dari yang namanya pertemanan. Misalnya saja saat mereka mengajak aku makan bersama sehabis kuliah pasti aku selalu menolak dan langsung pulang ke rumah, bahkan saat mereka menyodorkan makanan ringan ke arahku, selalu aku jawab dengan jawaban pamungkas, “Nggak, makasih.”

Oh ya… dan satu lagi hal yang selalu aku katakan adalah “Maaf”, kalau aku berbuat kesalahan bahkan sekecil apapun kesalahan itu, kata itu selalu aku katakan berulang-ulang. Bahkan misalnya ada yang menyenggolku, aku jelas tahu itu salah siapa dia tapi selalu saja aku yang otomatis mengucapkan kata maaf. Sifat yang aneh ya? Tapi percayalah ini terjadi padaku dan sungguh ini melelahkan sekali.

Peneliti bilang belum ada penyebab pasti orang mengidap AvPD ini tapi yang faktor utama yang paling mendukung adalah faktor lingkungan. Mungkin aku punya sifat ini karena keluarga aku pun tertutup dengan masalah pribadi, aku bahkan hampir tidak pernah menceritakan masalah pribadiku, kehidupan sekolahku ataupun kehidupkan kuliahku pada mereka karena mereka pun apatis terhadap hal itu. Mungkin kalaupun mereka bertanya aku juga akan diam karena aku merasa segan berbicara tentang diriku pada banyak orang. Keberanian aku dalam menceritakan masalahku hanyalah lewat tulisan. Itu saluran penyelamatku nomor satu. 

Masalah lainnya adalah sifatnya ini tidak hanya berlaku dalam lingkungan nyata tapi juga lingkungan dunia maya. Serius, aku payah sekali dalam bersosialisasi. Filsuf berkata kalau manusia harus bersosialisasi agar hidup tapi aku malah menghindari hal itu, apa ini sama saja berarti aku tidak hidup alias aku hidup tapi dalam kematian?

Serius sifat ini lama-lama memakan habis kehidupanku, sifat ini selalu membuatku depresi. Aku ingin lepas dari sifat ini tapi sulit sekali rasanya… bahkan aku membaca di salah satu artikel kalau sifat ini akan bertahan SELAMANYA. Bisa dibayangkan bagaimanakah aku hidup selamanya dengan keadaan seperti ini? Well, satu yang aku yakini pasti adalah aku tidak akan pernah bisa menjalankan sebuah tahap berumah tangga, sampai detik ini saja bayangan aku melakukan hal itu sama sekali belum ada. Masa depan yang selalu aku bayangkan terjadi di diri aku adalah kesendirian yang sangat sepi. Berteman saja aku sulit, jangan harap aku bisa berpacaran atau bahkan menikah! Itu angan-angan yang terlalu tinggi.

Mungkin terapi adalah langkah yang tepat untuk menghilangkan gangguan ini dari pikiranku tapi aku tidak mau. Keluargaku bahkan tidak tahu aku punta sifat seperti ini, aku tidak mau membuat mereka khawatir dan malu karena punya anak yang tidak membanggakan seperti ini. Aku ingin sembuh tapi aku sadar diri kalau mungkin ini memang jalan hidupku. Aku harus menerima ini dan (mungkin) kalau bisa aku harus mengubah sifat ini dengan caraku sendiri. Ini gangguan kepribadian diriku dan harus aku sendiri yang bisa menghilangkan gangguan itu. Ini bukan penyakit dalam yang mungkin bisa disembuhkan dengan jalan kedokteran, tapi ini masalah kejiwaaan dan obat yang paling ampuh adalah diri aku sendiri.

Mungkin kalau aku tipe orang yang suka minum obat, aku sudah overdosis sekarang karena terlalu banyak minum obat penenang. Tapi aku tidak suka obat, kalau sakit kepala pun tidak pernah aku minum obat. Aku bisa katakan kalau aku beruntung punya sikap seperti itu. 

Oh ya, aku tidak pernah konsultasi tentang masalah kepribadian aku ini. Aku mendiagnosis diriku terkena AvPD setelah membaca ciri-cirinya tapi aku sangat yakin aku memang menderita AvPD karena semua ciri-cirinya 100% TEPAT SASARAN!

Oh… sebagai tambahan, aku mau memuat apa saat ciri dan gejala AvPD ini :

  1. Menghindari aktivitas yang dilakukan bersama-sama karena takut dengan kritik, penolakan atau tidak setuju.
  2. Menolak untuk ikut serta dalam suatu kegiatan kecuali yakin bahwa Ia akan disenangi
  3. Memiliki pemikiran yang selalu terpusat dengan kondisi dikritik atau ditolak dengan orang sekitar
  4. Penarikan diri dari berhubungan dekat dengan orang lain karena takut dipermalukan
  5. Pandangan diri yang merasa dirinya selalu lebih rendah dibanding orang lain atau tidak menarik
  6. Menghindari kontak interpersonal karena takut terhadap kritikan atau penolakan.
  7. Keengganan untuk menjalin hubungan dengan orang lain kecuali dirinya pasti akan disukai.
  8. Membatasi diri dalam hubngan intin karena takut dipermalukan atau diperolok.
  9. Penuh kekhawatiran akan dikritik atau ditolak.
  10. Merasa tidak adekuat.
  11. Merasa rendah diri.
  12. Kengganan ekstrim untuk mencoba hal-hal barukarena takut dipermalukan.
  13. Sensitif terhadap kritikan dan penolakan
  14. Mengisolasi dirinya sendiri
  15. Malu berlebihan ketika menjalin hubungan dengan orang lain
  16. Menghindari hubungan dengan orang lain
  17. Minder
  18. Rendah self esteem
  19. Tidak percaya pada orang lain
  20. Menjaga jarak hubungan emosional dengan orang lain, tidakingin akrab.
  21. Waspada berlebihan
  22. Bermasalah dalam dunia kerja
  23. Merasa dirinya sendirian
  24. Perasaan inferioritas
  25. Suka menyalahkan dirinya sendiri
  26. Mempunyai fantasi tinggi

(Sumber 1Sumber 2Sumber 3Sumber 4)

Serius SEMUA ciri itu ada dalam sifat aku. Dan oh ya yang terakhir… aku juga punya fantasi tinggi. Aku suka mengkhayal hal-hal yang sepele sampai tinggi tapi aku tahu itu nggak akan terjadi. Dan aku juga suka menulis cerita untuk melampiaskan imajinasi liar aku, sering aku membuat tokoh yang mirip dengan aku tapi punya jalan kehidupan yang berbeda dari aku ataupun sebaliknya karena menulis hal-hal seperti ini membuat aku punya sedikit harapan kalau mungkin saja aku bisa menjalani hidup seperti tokoh aku. 

Aku sadar sekarang menulis itu bukan bakat aku tapi itu kebutuhan aku. Masalahnya sekarang aku terserang block’s writer dan aku merasa tulisan aku jadi semakin jelek. Ada banyak ide untuk membuat cerita baru di kepala aku tapi aku takut untuk memulai mengetik karena aku tidak percaya diri dan merasa kemampuan aku merosot jauh bahkan  tidak layak untuk dipublikasi. Ini efek AvPD aku rasa. 

Well… ini malam Natal yang seharusnya diisi oleh kesukacitaan tapi aku malah mengetik hal yang sendu di blog ini, ya… tapi mau bagaimana lagi. Aku butuh tempat curhat dan hanya ini satu-satunya media yang aku punya. 

Iklan

Best Korean Songs in 2017 part. III

– No Thanxxx – Epik High ft Mino, Simon Dominic, The Quiett

Here’s the Audio

Lagu ini adalah sekuel dari lagu Epik High Born Haters. Yaps. Lagu ini ditunjukkan kepada para Haters yang sibuk ngusik hidup orang. Jadi artis Korea itu berat bebannya, mereka itu nggak bisa bebas. Segala hal mesti diatur sama agensi mereka. Itu aja udah bikin tekanan kan? Nah, belum lagi ditambah sama Haters yang datang tiba-tiba dan nyerang lewat ucapan yang mematikan. Makanya banyak artis korea yang kena depresi ya karena Haters ini. 

FYI ya waktu lagu ini muncul Mino diserang sama banyak haters. Ada dua hal yang bikin Mino diserang. Pertama ada translator yang salah artiin bait dia di lagu ini. Translator itu nganggap Mino ngomong the N word padahal Mino itu ngomong Niga yang artinya kamu. Terus lucunya ada orang-orang bodoh yang berceloteh kenapa orang korea kok ngomong kasar banget, kenapa mereka nggak ganti kata kata mereka dan bla bla bla. Like hell, respek dikit sama bahasa orang situ nggak bisa apa?! Itu budaya mereka, itu udah jadi keseharian mereka dan maksud mereka juga bukan buat ngatain kok. Aku speechless sama orang-orang kayak begini. Bahasa di dunia itu ada ribuan loh dan masing-masing punya sejarahnya sendiri punya arti sendiri, bahkan di Indonesia aja ya misalnya banyak kan bahasa daerah yang pengucapannya mirip tapi artinya itu jauh banget bedanya. So please lah kalau mau komen ya pinteran dikit. 

Terus hal kedua yang bikin ig mino diserang banyak banget Haters yang sampe bikin dia beberapa kali hapus foto dia karena haters masih dengan biadabnya menyerang adalah karena Mino di lagu ini ngomong “Motherfucker.”

Dan kemudian kaum Feminist Korea langsung gembar gembor dan bilang Mino nggak ngehormatin perempuan. Padahal loh 2  penyanyi lain di lagu ini semuanya pada ngomong motherfucker dan target haters cuma nyerang Mino doang. Aku bingung loh. Motherfuckers itu umpatan yang biasa dilakuin orang amrik tapi artinya nggak ngeremehin cewek kok.
Ada hal lucunya, Mino udah prediksi dia bakal diserang Haters, di liriknya dia bilang, “Di jaman sekarang kau akan dibenci hanya karena bilang Motherfuckers.” Dia punya bakat lain jadi peramal! 

Jujur ya aku sedih banget pas Mino kena kasus ini. Dia itu salah satu idol yang nggak pernah sekalipun curhat tentang masalah dia. Dia selalu bikin orang ketawa malah tapi aku yakin beban masalah yang dia pikul itu banyak banget, perjuangan dia sampai ke titik ini nggak gampang dan belum lagi Haters dia itu banyak dari jaman dulu. Aku yakin dia salah satu idol yang kena depresi juga. Dan dia lampiasin depresi dia lewat lirik lagu dan juga gambar-gambar dia. Kadang aku berharap Mino bisa open tentang tekanan yang dia miliki tapi aku ngerti kok kenapa dia mendem masalah dia, jadi aku respek dia. 

Best lyrics :

Don’t worry ’bout me
Stop butting in, just forget about it
Even if the whole world’s turned its back on me
I don’t give a fuck
God is watchin’ over me
I’m never gonna die
Worrying about me is the most pointless thing to do
Negative shit, man I ain’t got time

– Mino ft Seungyoon – Door

Here’s the Audio

Mino, Seungyoon, Zico dijadiin satu. Hasilnya? Keterlaluan bagusnya! 

Lagu ini adalah ost drama Wise Prison Life, dimana Kang Seung Yoon juga ikut menyumbangkan perannya disana. Bagi yang belum nonton mending kalian nonton drama itu, itu drama bagus banget, ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari setiap tokoh/tahanan yang ada di sana, belum lagi ini drama buatannya Shin Won Ho, ituloh yang udah bikin Reply Series. Jadi udah pasti ini drama bagus!

Nah nggak cuma dramanya doang bagus tapi ost nya juga bagus. Contohnya aja lagu yang ini, serius ya ini liriknya bagus dan indah banget. Nggak salah Mino disebut genius lyricst dan jadi the next Tablo saking bagusnya dia, karena serius Line yang dia bikin itu selalu punya arti yang dalam banget. Mino tuh lagi sibuk banget, ada banyak jadwal yang harus dia lakuin dan dia bikin lagu ini di tengah kesibukan dia. Dia bilang kalau dia sebenarnya nggak pede tapi Mino mah selalu total ngelakuin hal yang dia suka makanya jadi deh lagu dengan lirik bagus ini. 

Lagunya sendiri sama kayak dramanya yaitu menceritakan tentang perasaan seorang tahanan atau juga seseorang yang merasa terjebak dalam satu kondisi yang nggak memungkinkan dia untuk bebas berekspresi dan akhirnya dia pura-pura menjadi pribadi yang lain untuk bisa bertahan dalam kondisi itu.

Ada banyak lirik yang aku suka di lagu ini tapi di antara itu semua, mungkin lirik yang paling nohok hati aku adalah yang :

Best lyrics :

My strong personality of taking things to the very end has long been abated
For someone who has to shine, darkness is more comfortable
The world I saw over the shoulder was a fantasy
Now I found a shoulder to lean on in escape from that world



– We Are – Woo won Jae ft Loco, Gray

Here’s the Audio

Woo Won Jae adalah salah satu kontestan di show me the money season 6, aku nggak begitu ikutin kompetisi ini tapi yang jelas aku tahu siapa juaranya. Si Woo Won Jae ini cuma bisa jadi juara 3 tapi jalan cerah terbuka lebar banget sama dia karena dua bulan setelah selesai acara itu dia direkrut sama AOMG, itu label yang terkenal sama para Rapper jenius dan nggak sampai disana, Woo won Jae keluarin lagu ini dan BOOOMMMM lagu ini langsung sapu bersih Chart di Korea. Lagu ini meraih PAK (intinya sapu bersih Chart lah), dan ada di nomor satu dalam waktu yang cukup lama. 

Waktu aku dengar lagunya, oke flow mereka asyik dan aku baca translate lagunya okay ini lagu emang pantas jadi nomor satu! Lagu ini tuh menceritakan sebuah kejujuran yang intinya kalau mau sukses ya ikutin kata hati jangan terpaku sama persaingan yang kompetitif. Kita harus jadi diri kita sendiri kalau mau jadi sukses. 

Terus orang-orang juga berpaku untuk kerja diburu sama waktu kayak waktu itu selalu menjadi patokan tapi di lagu ini mereka bilang kalau mereka itu menikmati waktu dan makanya mereka bisa sukses berekspresi, dan itulah yang menurut mereka adalah jalan menuju kesuksesan. Jangan terbebani sama waktu tapi nikmati waktu dengan hal yang kita suka.

Lagunya bagus banget dan flownya enak banget! Berkali-kali aku dengar aku nggak bosan. 

Best lyrics :

Times that everyone else calls dangerous, it’s comfortable for us (Don’t you know who we are?)
Only after seeing the brightening window gives my heart peace (Don’t you know who we are?)
The half basements that everyone avoids, it’s comfortable for us (Don’t you know who we are?)
We are, We are, We are…Don’t you know who we are?

Zico – Artist

Here’s the MV

Zico itu salah satu Rapper yang paling kuat karakter suaranya di Korea. Pokoknya sekali dengar suara dia, pasti semua orang tahu oh itu Zico. Dan dia juga salah satu Composer yang jenius. Udah banyak lagu hits yang dia buat, buat dia sendiri, buat Block B, dan bahkan buat artis yang lain. 

Zico juga salah satu penyanyi korea yang punya bakat di bidang gambar (sama kayak Mino), dia bahkan kalau nggak salah ikut sekolah Art gitu. Dan di lagu ini dia bilang kalau jadi Entertainment itu banyak kesibukannya, dia jadi nggak punya waktu luang tapi ada banyak ide di kepalanya yang perlu untuk dia tuangkan di atas kanvas karena percuma dia punya bakat seni tapi cuma buat disia-siakan kan? Dan menurut dia, hidup itu memang singkat tapi nggak untuk seni yang bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama. Intinya di lagu ini ya itu bebaslah dalam berekspresi, bersenang-senang lah melakukan hal yang kita suka, karena hal itulah yang membuat kita lebih hidup. Dan juga kebahagiaan itu nggak punya batas! So, do it what you love, guys… it’s all for your happiness after all.

Best lyrics :

Don’t push back fun, it’s impossible to save it up
If somebody say, maybe when I grow up
That grown up time is now
If the world ends tomorrow
Answer me what you gon do
Asking about the edge of happiness is prohibited

– Code Kunts ft Mino – StrOngerrr

Here’s the Audio

Entah udah berapa kali ada nama Mino di postingan ini, maklumlah ya… dia bias aku dan lagian bukan tanpa sebab nama dia ada disini karena lagu-lagu dia itu enak-enak dan punya arti yang dalam-dalam. 
Di lagu ini Mino nggak cuma nyanyi verse dia tapi juga nyanyiin hook nya, oh dan dia juga yang ciptain hook di lagu ini! 

Nggak usah panjang lebar ya… intinya sih lagu ini menceritakan kesulitan yang dialami sama Code Kunts sama Mino sebelum jadi sukses. Ada banyak rintangan yang harus mereka lalui dan kalau mereka mau nggak mau mereka harus bertahan dan kuat menghadapi cobaan itu karena pasti akan ada hasilnya dan terbukti hasilnya itu adalah saat ini dimana hal yang mereka impikan sejak lama akhirnya terkabul. 

Best lyrics :

Just look at my good side

I thought about slitting my wrists

But now it protects expensive watches


– BeWhy – OK

Here’s the Audio

Salah satu lagu Ost. Wise Prison Life lagi. Serius aku suka banget setiap drama Korea itu punya Ost yang menggambarkan situasi di dramanya. 
Lagu ini sama seperti yang di Door, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang lebih memilih menampilkan sosok ceria dibandingkan sedih pada dirinya walaupun kenyataannya dia sedih tapi menurut dia lebih cool kalau jadi orang penuh senyum dibandingkan orang yang terlihat sedih. 

Sebenarnya yang ingin dia dapatkan saat ini adalah kebebasan, menurutnya hidup itu singkat dan dia nggak mau hidupnya sia-sia karena hanya ada di ruangan tertutup akan penjara. 

Sesuai banget sama jalan cerita di dramanya karena di drama ini para tahanan yang jadi pemeran utama selalu terlihat konyol dan lucu, tapi sebenarnya mereka sedih. Ya tapi bagi mereka bersedih nggak akan mampu membuat mereka bertahan di kehidupan penjara yang kejam, jadi mereka mencoba untuk berbaur dan bersenang-senang dalam tahanan itu. Aku mau bilang sekali lagi, kalian WAJIB tonton drama ini. Aku menemukan banyak sekali pelajaran di drama ini, nggak hanya dari satu tokoh tapi juga hampir semua tokoh di drama ini.

Best lyrics :

Life is short
I am waiting for rising sun
I am shouting to almighty God
Please don’t ignore me (don’t ignore me)
Take me out, take me outfrom here please
But where are you?
My head feels like it’ll break
Until when are you gonna cast me away


– Zion T – The Song

Here’s the MV

Zion T baru-baru ini mengeluarkan single baru yang judulnya Snow, lagunya bagus tapi kalau disuruh bagus mana sama lagu ini, ya pasti aku akan pilih lagu ini! Melodi di lagu ini bikin orang yang baru sekali dengar langsung nagih, dan lirik lagunya ituloh jenaka banget.

Musisi lain pasti berharap kalau dia bikin lagu, lagunya bakal populer kan? Nah di lagu ini Zion T malah bilang dia berharap kalau lagu ini nggak terkenal dan lirik lagunya juga nggak diingat sama banyak orang. Like what?! Lucu banget sumpah. Eitss tapi tapi dia punya alasan kenapa dia nggak ingin lagunya populer kayak lagu dia yang lain, karena kebanyakan lagu populer itu hanya hype sesaat dan besoknya langsung dilupakan. Dia nggak mau kayak gitu, dia pengen lagunya dikenang sampai lama. Benar sih ya… kebanyakan lagu populer itu booming sesaat tapi abis itu mudah dilupain dan biasanya malah lagu yang underrated yang bakal lebih dikenang. 

Best lyrics :

I hope this song doesn’t get as popular
As my other songs
But I hope this song won’t get quickly forgotten
Just like other famous songs


– MoonMoon – contrail

Here’s the Audio



Lagu ini bagus banget!

Penyanyi nya kayak lagi bercerita tentang pikiran dia sambil diiringi sama petikan gitar dia. Oh dan soal petikan gitar, ugh… aku suka banget!!!!!! 

Lagu ini juga punya makna yang dalam banget. Jadi tuh lagu ini bilang kalau hidup menjadi orang dewasa itu membosankan karena orang dewasa nggak punya mimpi-mimpi besar kayak anak kecil. 

Iya sih benar… waktu kecil kita pasti punya banyak mimpi, mau jadi inilah, itulah tapi pas kita makin dewasa dan ditampar realita impian2 perlahan pudar dan bahkan orang dewasa sering kali berpikir kalau mereka nggak layak untuk punya mimpi lagi karena hidup adalah realita dan mereka harus hidup di dalamnya bukannya hidup dalam mimpi. 

Padahal ya… mimpi itu berhak dimiliki oleh siapa saja karena itu nggak berbatas, bahkan gratis tapi kenapa kita harus menyia-nyiakan kesempatan itu? Punya mimpi lebih bagus karena hidup kita bisa berpatok ke arah yang benar dibandingkan kita jalan tanpa arah dan akhirnya malah membingungkan kita sendiri.

Best lyrics :

Boring bugs that called an adults
Eat all dreams little by little
I will grow up and barely be myself
I would be an adult who grew horns
I force myself to smile
Nevertheless, I feel blue


Winner – Island 

Here’s the MV 

Aku agak kesal karena lagu ini underrated banget padahal serius loh ini lagu paling ngena di musim panas kemarin. Setiap aku dengar lagu ini aja aku serasa ada di pantai dan ngerasa adem aja gitu.
Sayangnya lagu ini sama love me love me kalah saing… eh tapi aku tetap bangga kok sama Winner. 

Selain lagunya, aku juga suka banget sama MV di lagu ini. Kayak jernihnya pantai di Hawaii, keasyikan para member di MV kayak berasa nonton anak muda lagi liburan, oh dan ada part plot twist yang bikin aku nggak bisa berhenti ketawa setiap lihat itu. 

Lagu ini kena banned di KBS karna dianggap ini lagu tentang gay hanya karna ada kata-kata “Cocktail Shake It.” Aneh kan? Ah tapi udah biasa kok KBS kayak begitu.

Best lyrics :

I’ll save you from

 the prison of gray buildings

Just rest on the sand 

under the blue sky


– Punch – When the night is falling

Here’s the Audio

Jujur aku nggak bisa nemu artikel lagu ini, tapi menurut firasat aku lagu ini itu lagu sedih, kayak lagu tentang seorang cewek yang nggak bisa melupakan cowok yang dia suka gitu. Kayaknya loh ya… tapi serius aku yakin kok ini lagu sedih.

Yang paling aku suka dari lagu ini adalah irama lagunya. Flownya enak banget serius dan terasa santai gitu… aku suka banget plus suara Punch ini selalu bikin nagih. Heran banyak banget penyanyi solo Korea yang bagusnya kelewatan semua. 
Ah… Tapi aku penasaran sama arti lagu ini 😢😢😢😢

Best Korean Songs in 2017 part. II

– Bolbbalgan4 – To My Youth

Here’s the audio 

Lagu ini bukan tittle track di album barunya Bolbbalgan4 : Red Diary. Title track di album itu Some dan blue, tapi aku lebih jatuh cinta sama melodi di lagu ini. Setelah aku baca arti lagu ini : AKU SPEECHLESS. Lagu ini aku banget!!!!! 

Serius aku nangis waktu baca translate lagunya, berasa kayak lagu ini menceritakan tentang kehidupan aku. 
Lagu ini bercerita tentang ketakutan seseorang terhadap dunia, terhadap orang-orang yang berharap lebih sama dia. Ketakutan itu membuat dia tertekan, dan merasa kalau lebih baik dia nggak ada aja di dunia supaya dia nggak mengecewakan dunia dan orang-orang yang dia sayang. 

Masa remaja selalu identik dengan keceriaan dan lain-lain kan? Tapi nggak juga tuh, sama kayak di lagu ini… masa remaja aku penuh dengan tekanan. 

Mereka bilang masa remaja itu indah tapi yang aku lakuin selama masa remaja dulu adalah nangis dan merasa kesepian karena aku nggak pandai merebut hati orang untuk ada di dekat aku. Aku juga nggak terbuka sama keluarga, dan itu membuat aku terasing banget sama dunia bahkan aku pernah coba satu kali bunuh diri agar aku bisa lenyap dari semua hal di dunia ini.  Serius kehidupan aku persis banget banget sama yang diceritain sama lagu ini! Ya memang kadang aku merasa bahagia tapi di kebahagiaan itu juga aku ngerasa takut karena aku tahu kebahagiaan itu cuma bertahan sebentar (dan ini juga ada di lirik lagunya. Serius yang bikin lagu ini bisa baca pikiran aku apa ya 😂).

Tapi juga sama kayak lagu ini… aku mulai bangkit perlahan-lahan. Aku yakin pepatah yang bilang kalau nggak ada yang mustahil di dunia ini akan selalu bekerja kok pada orang-orang yang tepat, semoga aku termasuk dalam jajaran orang orang tepat itu 🙏🙏🙏🙏. Kalau aku terus berusaha, mungkin aku bisa menemukan jati diri aku yang lebih baik dan membuang jati diri lama aku yang penuh dengan pesimistis. 

Best lyrics : 

But still, maybe I can be
A bright light in this world
Maybe after all of that pain
I can shortly shine a light
So I couldn’t give up
I couldn’t fall asleep peacefully for a single night
Because maybe if I keep trying to get up like this
I will find myself


– Melomance – Gift 

Here’s the MV

Aku tahu ada Duo Melomance ini sejak mereka mengisi ost. Because This is My First Life. Duo ini lagi populer banget loh di Korea. Dia tahun ini juga banyak isi ost drama korea (sejauh ini ada 3) dan itu juga pas lagi di akhir tahun ini dramanya. Pokoknya dia terkenal pas menjelang akhir tahun ini. Aku juga udah cek semua lagunya dan aku sukaaaa sama semuanya… musikalitas mereka dalam bermusik itu bagussss banget!!!! Serius. Aku yakin nama mereka akan makin besar dan jauh lebih besar dari sekarang.

Lagu ini adalah salah satu lagu yang aku suka di antara lagu-lagu lainnya karena maknanya. Lagu ini itu mengajarkan kita untuk bersyukur bahwa semua yang terjadi di kehidupan kita mulai dari hal yang besar sampai hal yang paling kecil sekalipun adalah hadiah dari Tuhan. 

Bersyukur adalah hal yang kadang suka dilupakan sama manusia, apalagi kalau lagi senang, biasanya kita larut dalam kesenangan hingga lupa kepada siapa kita diberikan berkah kesenangan itu. Tapi giliran kita sedih, hal yang pertama kita lakuin adalah mengeluh. Hal yang kayak begini sering banget terjadi sama aku. Kalau aku hitung-hitung mungkin kualitas bersyukur aku cuma ada 1%, sedang 99% lainnya aku lakuin buat mengeluh. Itu jelas salah. Mungkin ini juga yang jadi faktor yang ngebuat aku depresi kali ya. Makanya mulai saat ini, aku mau belajar untuk mulai mencintai hadiah kehidupan ini dari Tuhan.

Best lyrics :

It’s like a gift just for me
All the small things are getting bigger
This moment that ordinary daily life becomes special
Things that passed by without notice 
Now it looks just beautiful to me
Makes me excited


– You, Cloud, Rain – Heize ft Shin Yong Jae 

Here’s the MV

Heize adalah salah satu ratu digital tahun ini. Dia itu rapper tapi suara dia pas nyanyi itu bagus, ada warnanya alias gampang nebak ini suara punya siapa. Aku tahu Heize pas dia isi ost. Goblin yang Round and Round.  Serius kalau aku perhatiin ya kayaknya semua penyanyi yang isi ost. Goblin tuh rata-rata bersinar banget di tahun 2017 ini. 

Lagu ini sendiri kayak judulnya cocok banget didengar pas hujan-hujan. Menurut mitos kan hujan itu suka membangkitkan kenangan lama dan akhirnya membuat kita jadi baper, persis kayak yang diceritakan di lagu ini.

Jadi si cewek baper pas hujan, dia ingat sang mantan padahal udah lama dia nggak mikirin mantan tapi entah kenapa hujan saat itu ngebuat dia inget mantannya. Karena lagi baper ya sekalian aja dia sedih-sedihan total sama si hujan. Dia bahkan sengaja lewat rumah si cowoknya untuk menyegarkan ingatan dia dulu waktu mereka masih bersama. Tapi dia cuma mau larut kesedihan selama hujan turun aja, jadi kalau hujan berhenti maka dia harus juga menghentikan kesedihan nya dan mulai move on untuk mencari kebahagiaan yang baru.

Sementara itu yang bagian Shin Yong Jae ceritanya dia juga larut dalam kenangan mereka pas lagi hujan. Dia menyesal udah putus sama si cewek. Dia mau hujan tetap bertahan selamanya agar dia bisa hidup bersama memori dia dan si mantan karena kalau di kenyataannya dia sadar diri dia nggak pantas bersama si mantan lagi.

Best lyrics :

The happiness that was given to us
We must have used it all up too soon
I think that was the end
When this rain stops, we have to go our own ways
And live our own lives again


– Yoon Jong Shin Like it

Here’s the Audio

Jika ditanya apa lagu yang paling booming di Korea tahun ini? Maka lagu ini adalah salah satu lagunya. Serius lagu ini meledak banget di Korea. Ada di posisi nomor satu Chart selama berminggu-minggu dan juga banyak di cover sama penyanyi penyanyi korea.

Pas dengar lagu ini aku nyesek banget dan pas baca arti lagunya tambah nyesek njir! Lagunya itu kayak cerita dan Yoon Jong Shin juga bawain lagunya kayak cerita yang emosional. Berkali-kali aku dengar lagunya, aku tetap nyesek. Dan sekali dengar lagu ini, langsung terngiang gitu di ini. Sampai di rumah aku teriak teriak  nyanyiin lagu ini dan bikin orang rumah keganggu 😆😆😆. 

Yoon Jong Shin ini bukan penyanyi muda loh ya. Dia itu senior. Dia itu legend lah di dunia musik korea. Udah banyak banget dia ciptain lagu hits. Dan biasanya dia suka bikin monthly project gitu, jadi setiap bulan dia bikin satu lagu, produktif banget gila nih ahjussi. Nah pas bulan oktober dia keluarin lagu ini sebagai monthly project dia. Dan lagu ini pun langsung jadi tren! Aku yakin banget ini lagu pasti jadi nomor satu di tempat karaoke orang sana (FYI, orang Korea itu hiburan nomor satunya adalah tempat karaoke). Banyak pasti laki-laki galau yang nyanyiin lagu ini 😂😂😂😂.

Lagu ini sendiri bercerita tentang seorang cowok yang belum bisa move on, sedangkan si cewek udah bisa move dan punya kekasih baru. Karena hal inilah dia kesal dan marah. Dia merasa nggak adil aja karena dia selama ini kesakitan karena nggak bisa move on eh sementara ceweknya malah udah bahagia sama pasangan lain. Tapi dia pengen ceweknya itu nggak bahagia sama cowok barunya karena dia mau ceweknya galau dulu baru boleh move on (selfish ya 😂). 

Serius deh lagu ini RECOMMEND BANGET! Jangan karena yang nyanyi udah tua jadi malas dengerin, serius coba dulu dengar deh. Pasti nagih, pasti baper, dan pasti bikin nyesek. Aku juga udah liat perform live nya Yoon Jong Shin bawain lagu ini dan itu 100 kali lebih nyesek euy… aku bahkan nahan napas pas menuju ending lagunya. Gokil ini lagu!!!!

Best lyrics :

Are you okay now?
We had a hard time
The end of our relationship was just a farewell
It was too hard
I heard you’re doing well
You’re already seeing a good man
I didn’t ask it but someone told me


– Yoon Jong Shin, Minseo – Yes

Here’s the MV 

Ini monthly project Yoon Jong Shin juga. Dia bikin konsep yang sangat unik untuk project dia ini. Karena apa? Karena lagu ini adalah jawaban dari lagu yang tadi di atas udah aku sebutin. Ini lagu jawaban ceweknya. Jadi kalau yang cowok tadi bilang, “Like it?”. Nah ceweknya balas : “Yes.” Ini lagu melodi sama musiknya sama kayak yang Like it bedanya yang nyanyi cewek dan liriknya 100 persen beda.

Yoon Jong Shin sendiri udah sering duet sama Minseo. Kalau nggak salah belum debut resmi deh si Minseo ini tapi berkat lagu ini dia sukses ada di nomor satu Chart dan sempat menang juga di acara musik korea gitu. 

Konsepnya aku acungi jempol. Jarang banget ada musisi yang mikirin konsep kayak begini. Biasanya kan musisi bikin lagu cuma dari satu pihak aja, nah ini… dia bikin dari dua pihaknya. Aku jadi penasaran, mungkin monthly project selanjutnya  (bulan desember), akankah lagunya itu curahan hati dari si pacar baru yang cewek? Biar komplit gitu 😆😂😆😂.

Kalau yang cowok galau banget habis di tinggalin si cewek, beda sama si cewek karena dia mikir dengan jernih. Mereka putus? Okay… gue masih bisa lanjutin hidup, cowok juga nggak cuma satu ada di dunia ini. Dan akhirnya dia bisa move on dan nemu cowok baru. Dia suka cowok barunya ini, cowok itu ngertiin dia banget nggak kayak si mantan yang nggak peka. 
Dan di lagu ini juga ceweknya bilang agar mantannya itu jangan drama karna masih cengeng gara-gara perpisahan mereka (badass girl), dia itu cari cowok baru juga karena dia pengen bahagia. Terus cowok barunya itu cinta banget sama dia, bahkan si cowok baru tahu dia punya kenangan buruk sama si mantan tapi si cowok baru tetap ada di si dia. Dia mau si mantan move on, cari cewek baru dan cintai cewek baru itu lebih banyak dari cinta si mantan buat dia dulu dan juga dia mau si mantan nggak nyakitin cewek baru kayak dulu dia nyakitin si cewek ini. 

Best lyrics :

I’m happy because I’m in love
He said I’m pretty when I
He likes the way I am, he loves me so much
Even he knows that I have a sad memories
I like him, honestly, I thank to him
I hope you’ll be happy soon
Love her ten times than you did to me
And don’t ever do that again which
you did to me


– Day6 – I Smile

Here’s the MV

Jujur ya… ini lagu pertama yang aku dengar dari Day6 dan aku langsung jatuh cinta sama mereka! Dan serius semua lagu yang mereka keluarin itu nggak ada yang nggak enak. Semuanya itu enak-enak dan ngeblend banget sama suara mereka.
Day6 tahun ini produktif banget, mereka ngerilis lagu tiap bulan dan juga satu full album tahun ini. Tapi di antara semua lagu yang udah rilis aku milih lagu ini sebagai lagu terbaik Day6 di tahun ini. Aku sukaaaa banget sama nada di lagu ini kayak terngiang-ngiang terus gitu di kepala.

Entah karena lagunya punya judul ada smile-smilenya gitu aku jadi keingat sama lagu Winner yang smile again. Winner dan Day6,  dua-duanya ini punya kemiripan, mereka debut hampir barengan, mereka kehilangan member mereka dan di tahun ini mereka itu produktif dan makin banyak yang suka. Usia – usia member Winner sama day6 itu juga hampir sama, aku jadi berharap winner sama day6 nongkrong bareng terus Jae ngasih les privat ngajar bahasa Inggris gratis ke semua member Winner 😂😂😂😂. 

Lagu ini sendiri bercerita tentang sepasang mantan kekasih gitu. Jadi si cewek minta ketemuan sama si cowok gitu tiba-tiba. Setelah mereka sekian lama mereka putus eh si cewek minta ketemuan, mana si cowok masih nyimpan cinta juga ke ceweknya. Si cowok itu semangat tapi juga takut ketemuan sama si cewek ini karena dia takut si cewek sadar kalau si cowok masih kangen dan masih ngarep sama si cewek. Dan untuk menutupi rasa gugupnya, pas ketemuan, si cowok senyum. Dia pura-pura baik-baik aja dan kasih fake smile tapi sebenarnya dia itu sakit hatinya. Setelah mereka ketemuan, senyum palsu yang si cowok umbar pun langsung lenyap.

Best lyrics :

But today, I smile
Even though it hurts, I smile
In front of you
I pretend that I’m fine
I pretend that I’m okay
I have to


– Naul – Emptiness in my Memories 

Here’s the MV

Naul adalah salah satu penyanyi ballad yang paling terkenal dan paling dihargai di Korea. Pokoknya setiap dia keluarin lagu baru, pasti hampir selalu ada di posisi atas dan dia itu penyanyi paling favorit diputar sama cowok-cowok di tempat Karaoke Korea. 

Yang aku suka dari Naul itu suaranya yang khas, pokoknya setiap ada lagu sedih dari dia aku selalu ngerasain kesedihan dia, kayak dia nyanyi itu sambil nangis loh. Oh ya, dia juga salah satu penyanyi korea yang punya range vocal yang lebar banget dan dia makin ngebuat lagu dia selalu klimaks. 

Intinya lagu ini bercerita tentang seorang cowok yang masih terjebak dalam memori bersama mantan kekasihnya gitu. Yang buat dia kemana-mana tuh jadi sedih karena mantannya selalu terbayang sama dia, dia ingin kalau ada angin lewat bisa menghapus memori kesakitan dia itu agar bisa bisa hidup lagi.

Best lyrics :

If this numb heart fills up this space
Will I be able to live through this day?
The empty seat of the runaway memories
Can you look upon it?


– Park Won – All of my Life

Here’s the MV

Aku merasakan vibe John Legend di suara Park Won ini dan serius deh lagu ini mengingatkan aku sama lagu All of Me. Nggak kok lagunya nggak mirip secara melody tapi meaning dan keromantisannya yang menurut aku sama. 

Lagu ini menceritakan tentang perasaan seseorang yang depresi gitu dan udah nyerah sama keadaan tapi ada seseorang di sisi dia yang nyemangatin dia dan selalu ada di sisi dia. Pokoknya setelah dia bertemu sama orang itu, dia merasa jadi sosok yang lebih positif dan yakin sama mimpi dia. Dia berusaha kuat buat ngabulin mimpi dia dan juga mimpi orang itu. Tapi sayang pas dia udah punya segalanya, dia makin terobsesi sama impian dia dibandingkan sama cintanya dia. Dan akhirnya cintanya pun lepas dari dia. 

Jadi dia buat lagu ini berharap orang itu dengar curahan hati dia ini.

Best lyrics :

All of my life, when I was struggling
You are all of my life, you filled me up
I tried filling myself up with other things
all of my life
you are all of my life
But I couldn’t be filled


– K. Will – Non-fiction

Here’s the MV

K. Will akan selalu jadi penyanyi ballad favorit aku. Semua lagu yang dia nyanyiin itu enak-enak. Suara dia juga khas banget. Pokoknya aku selalu excited kalau dia isi ost drama gitu, soalnya suara dia bikin drama jadi lebih hidup. 

Aku suka sama melodi lagu ini, gampang stuck di kepala. Dan entah kenapa aku berasa kalau lagu ini lagu soundtrack drama masa… mungkin karena K.will keseringan nyanyi soundtrack kali ya aku jadi punya pikiran kayak gitu.

Lagu ini sendiri bercerita tentang penyesalan seseorang karena udah menyia-nyiakan orang yang dia cintai hingga akhirnya orang itu lepas dari tangan dia. Dia rindu orang itu dan dia sadar kalau nggak ada lagi cinta kayak orang itu bahkan sampai kapanpun orang yang akan selalu dia nanti ya orang itu.

Best lyrics :

I miss you so much
I miss you like crazy
Why after all this time
Did I finally figure out
That there won’t ever be a love like you
Even when tomorrow comes
The person who I will long for


– Urban Zakapa – When We are two

Here’s the MV

Aku juga tahu Urban Zakapa sejak dia isi soundtrack Goblin. Jujur ya aku nggak terlalu ikutin Urban Zakapa tapi aku tahu kalau mereka punya lagu yang isinya berkualitas semua. 

Contohnya aja lagu yang baru keluar bulan lalu ini. Lagu ini punya melodi yang membuat kita sebagai pendengar nggak bosan dengar lagunya berkali-kali walaupun ini lagu mellow. Lirik dan melodi di lagu ini simple tapi ngena banget.

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang ingat kembali kenangan bersama orang yang spesial buat dia waktu itu. Di ingat waktu itu memang banyak kesedihan, keegoisan saat mereka menjalin hubungan tapi dia merindukan saat-saat kebersamaan mereka. Dia nggak mau balik ke masa itu, dia cuma mau bisa melewatkan waktu bersama dengan orang spesial itu lagi. 

Best lyrics :

I just miss the time when there were only two of us in the world
I just miss then
It’s not I want to go back to that time
It’s not that light instant feeling
I just miss the time when there were only two of us in the world
I just miss then


– Ben – Can’t Go

Here’s the MV

Ini adalah soundtrack dari drama This is my 1st life. Itu juga salah satu drama yang paling rekomen tahun ini! Serius aku suka banget sama drama itu. Akting, dialog, pengambilan gambar, feel, semuanya ngena banget dan menurut aku itu drama yang paling realistis untuk menggambarkan kehidupan jaman sekarang. Serius itu drama wajib tonton!

Sebenarnya hampir semua lagu di drama ini favorit aku tapi menurut aku ini yang paling ngena karena liriknya paling dalam di antara lagu-lagu yang lain. Melodi di lagu ini juga enak banget. 

Yang bikin aku jatuh cinta sama lagu ini itu karena lagu ini kayak diciptain buat aku. Ya ampun, serius ini lagu berasa kayak aku yang buat 😂😂😂😂. Ini lagu bercerita tentang seorang penulis yang kena writer’s block dan dia kebingungan gitu mau lanjut nulis tapi nggak tahu mau tulis apa, pikiran dia blank gitu. Serius aku juga kayak begitu akhir-akhir ini… aku pengen nulis, ada ide, tapi bingung mau gimana. 

Ah serius ini lagu aku banget!!!!

Best lyrics :

Even if I endure through a day like today
Each day keeps repeating
Foolish things keep repeating
So I’m standing in a corner by myself
Thinking maybe tomorrow will be different

Best Korean Songs in 2017 Part. I

Tahun ini ada banyak sekali lagu korea yang menurutku asik-asik. Mulai dari melodi, lirik, dan yang paling penting feel!!! Entah kenapa aku merasa kalau penyanyi Korea (terutama ballad ya) selalu pakai jiwanya mereka kalau nyanyi. Aku bisa ngerasain kehampaan mereka, kesedihan mereka, walaupun aku nggak tahu apa makna dibalik lagu mereka. Musik itu bahasa universal yang dapat dimengerti pakai bahasa jiwa, dan aku selalu menemukan istilah itu untuk penyanyi penyanyi korea.

Sebenarnya udah dua tahun aku stop denger lagu korea. Ini beneran… sejak tahun 2015 aku bener-bener nggak ngikutin musik korea lagi karena apa ya… karena aku ngerasa musik korea kayaknya udah gak asik lagi. Tapi tahun ini malah aku ngerasa musik Western yang udah mulai nggak asik karena terlalu banyak EDM dan aku benci EDM. Makanya aku pindah haluan denger lagu-lagu korea dan guess what?!!! Aku speechless karena banyak banget lagu bagus tahun ini!!!!!

Well, sebelumnya di list yang aku buat di post ini, cuma sedikitt lagu dari idol group karna memang nyatanya aku nggak terlalu suka idol group. Eh tapi aku itu IC (nama fandom WINNER) sama VIP (nama fandom BIG BANG). Hanya dua idol grup itu aja yang aku ikutin dan suka semua lagu-lagunya karena aku nggak pernah bosan denger lagu mereka walau pun diputar 100 atau bahkan 1000 kali juga aku nggak bosan. Musik mereka itu beda dari idol group korea yang lain, makanya aku suka.

Okelah daripada banyak ocehan nggak jelas, langsung aja ya masuk ke list lagu korea terbagus versi aku di tahun 2017. Oh ya, kata teman-teman aku, aku ini punya selera musik yang bagus. Jadi, bagi siapa pun yang baca postingan ini dan denger lagu-lagu yang ada di postingan ini pasti nggak akan nyesel. Sueerrr!!! Dan lagu-lagu yang ada di list ini juga dapat peringkat atas di Chart musik korea, jadi udah pasti terjamin!

List dibuat secara acak alias nggak ada urutan atau peringkatnya karena semua lagu ini sama rata bagusnya. 

– Jonghyun (SHINee) ft Taeyeon (SNSD) – -Lonely 


Here’s the MV

Aku pertama dengar lagu ini langsung merinding karena aku dengarnya setelah baca berita tentang kematian Jonghyun. Serius aku nangis kejer. Jonghyun di lagu ini udah bilang dengan lantang kalau dia itu kesepian. Aku sebagai salah satu penderita depresi bisa memahami lagu ini dengan sudut pandang aku. Orang yang kena depresi itu susah ngungkapin perasaannya langsung ke orang lain, semisal curhat atau apapun biasanya itu mereka lebih memilih diam dan nahan semua emosi itu sendiri tapi sebenarnya mereka pengen diperhatiin. Jadi biasanya mereka suka bikin hal-hal tersirat dalam gerakan mereka. Misalnya aku suka nulis, dan di setiap tulisan aku, aku selalu bilang aku kesepian dan depresi. Nah, menurut aku Jonghyun ini sama tapi dia lebih jelas lebih bagus dalam menyampaikan unek-uneknya, yaitu lewat lirik lagu. Lagu ini dan beberapa lagu lainnya itu curahan hati dia. 
Orang yang kena depresi karena kebanyakan mendem semua perasaan buruknya itu ngebuat pola pikir mereka jadi dipenuhi pikiran negatif, dan solusi yang mereka pikir adalah cara yang tepat untuk mengusir tekanan dalam diri mereka adalah bunuh diri. 

Aku nggak membenarkan tindakan bunuh diri tapi aku paham kenapa orang depresi itu bnyak ngelakuin bunuh diri (because believe it or not, I almost doing suicide my self). Mungkin bagi orang orang yang nyinyir nggak tau bagaimana ada dalam keadaan depresi. Depresi itu sumpah nggak enak banget loh dan ini termasuk penyakit paling berbahaya di dunia. Yang bikin aku gondok adalah banyaknya sikap orang-orang yang terlalu apatis sama yang namanya depresi padahal sekali lagi aku bilang ini tuh penyakit berbahaya.

Oke ya daripada aku curhat makin panjang aku mau bahas lagu ini aja. Aku suka perpaduan suara Jonghyun sama Taeyeon. Jonghyun yang berat plus Taeyeon yang ringan dan mereka membawakan lagu ini secara halus. Nggak ada teriakan-teriakan yang membahana, iramanya tenang dari awal sampai akhir karna lagu ini adalah lagu tentang kesepian dan kesepian selalu identik dengan kesunyian, kan? 

Lirik lagunya pun dalam banget… mereka nyanyi, “Baby, I’m so lonely.” Kedengarannya emang ringan tapi aku ngerasa mereka berteriak mengucapkan kebenaran  disana apalagi baik Jonghyun sama Taeyeon itu sama-sama mengidap depresi. 

Lagu ini berhasil dapat posisi 1 Chart dengan jalan yang menyedihkan tapi aku nggak akan berhenti bilang kalau lagu ini masterpiece. Aku sedikit menyesal karena nggak tahu lagu ini pas lagu ini pertama keluar. 

So for the last… RIP Kim Jonghyun. You’ll be missed.

The best lyrics for me :

Baby I’m so lonely so lonely
I feel like I’m alone
I don’t want to make it obvious to you
I’m used to just holding it in
Understand me


– Hwang Chi Yeol – A Daily Song


Here’s the MV

Aku dengar lagu ini pertama kali di I Can See Your Voice season 4, waktu itu bintang tamunya si Hwang Chi Yeol ini. Dia dulu pernah ikut jadi kontestan di ICSYV tapi kalah alias nggak kepilih eh terus Tuhan bukan jalan yang lebar buat dia karena dia datang lagi ke ICSYV bukan lagi sebagai kontestan tapi jadi bintang tamu! 

Hwang Chi Yeol ini terkenal di daerah China tapi gaungnya dia waktu itu belum hangat di Korea. Terus dia comeback kan, dan dia bawain lagu ini untuk pertama kali ya di acara ICSYV dan setelah itu dia pun namanya lumayan bersinar di Korea bahkan lagu ini lumayan lama masuk 10 besar di top 10 Melón. Serius waktu pertama kali aku dengar lagu ini aku nangis! Padahal aku juga belum tahu ini lagu tentang apa tapi serius air mata turun gitu aja karena suara serak dia itu nunjukin kesedihan dia. Interpretasi dia pas bawain lagu ini benar-benar aku acungi jempol. Bahkan tiap kali dengar lagu ini, aku selalu merinding. Serius…

Setelah aku cek arti dari lagu ini, ternyata maknanya lumayan dalam loh. Jadi tuh ini ceritain tentang seorang cowok yang lagi patah hati, dulu waktu dia masih pacaran sama mantannya dia suka dengar lagu tentang patah hati sama mantannya itu karena mantannya suka banget lagu kayak begitu dan selalu nyuruh si cowok denger lagu itu bareng sama dia, si cowok bahkan sering latihan lagu itu supaya dia bisa nyanyiin langsung buat si cewek itu. Eh nggak disangka lagu yang sering dia denger sama mantannya itu beneran jadi kenyataan di kehidupan percintaan mereka. Lagu patah hati yang akhirnya membuat mereka patah hati. 

Ini terjemahan lirik lagunya pas bagian chorus : 

This song we listened to every day
It makes me cry every day
It makes me think of you
Because it sounds like our memories
No matter how hard I try to cover my ears
It spins around me
I don’t wanna hear it, I throw a fit
But I hear it every day

– Epik High ft Suhyun – The Benefits of Heartbreak


Here’s the Audio

Lagu ini ada di track nomor 6 album Epik High yang judulnya We’ve Done Something Wonderful. Satu album itu semua lagunya bagus-bagus banget!!! Serius nggak bohong. Well, tapi sekarang aku mau bahas lagu ini. Ini duet sama Suhyun (Akdong Musician), suara Suhyun ini angelic banget kayaknya apapun yang dia nyanyiin pasti bakal bagus banget. Nggak pernah aku dengar lagu yang nggak enak dari suara dia. Suara dia itu lembut tapi tajam aka langsung menusuk hati. Dan lagu ini nggak pernah absen jadi lagu nina bobo aku. Suaranya duh! Dan Rap Tablo sama Mithra udahlah ya… respect!!!!

Lagu ini bercerita tentang seorang yang habis patah hati tapi kita ambil dari sisi positifnya aja. Putus cinta bukan berarti kiamat kan? Karena toh putus cinta nggak ngerubah keadaan dunia kok. Dan nyatanya setelah putus, ada banyak hal yang bisa dilakuin. Putus itu nggak selamanya menimbulkan kerugian tapi banyak kok keuntungan yang bisa kita dapat kalau kita bisa manfaatinnya dengan baik.

So, jangan galau gaes cuma gara gara putus. Toh di dunia ini manusia itu nggak cuma satu. 

Ini potongan lirik terjemahan lagu ini pas bagian Rap Tablo : 

Perhaps, these are the benefits of heartbreak
Don’t worry, I’m busy as you can see
I’ve got a full schedule. You just worry about yourself
Thanks for the task you left behind for me


IU – Through the Night


Here’s the MV

Suara IU dan apapun lagu yang diciptain sama IU nggak pernah sedikit pun mengecewakan. Aku bahkan udah  suka IU sejak dia masih jadi penyanyi cover  (waktu itu aku jatuh cinta sama cover I need A boy nya Taeyang), dan sekarang lihatlah dimana dia dia berada. Sang Ratu Digital karena setiap keluar lagu baru pasti SELALU langsung akan ada di peringkat nomor satu!!!! 

Menurut aku sendiri ini lagu agak sederhana, tapi justru itu yang membuat lagu ini jadi jadi lebih nusuk dan suara IU yang selalu bisa bikin merinding semakin membuat lagu ini nggak membosankan. 

Lagu ini bercerita tentang hubungan dua orang, kayak masih dalam tahap pdkt gitu tapi endingnya mereka nggak bersama. Tapi si cewek ini merasa kalau dia tetap merasa beruntung bisa ketemu sama cowok itu walaupun mereka nggak bersama. Cuma satu hal yang ceweknya sesali yaitu pas cowoknya pergi, dia belum sempat utarain rasa cinta dia ke cowok itu.

Sepenggal  terjemahan lirik lagunya : 


In my diary
All the words
I can’t show them all to you
It’s that I love you


WINNER – REALLY REALLY 


Here’s the MV

Sebagai IC (Inner Circle), Lagu ini punya kesan yang dalam banget. Lagu ini adalah simbol perjuangan. WINNER tuh waktu sebelum keluarnya lagu ini dianggap kayak, “udahlah… paling bakal disband.” Karena posisi WINNER nggak menguntungkan. Yang biasanya suka composing dan ciptain lagu (Nam Tae Hyun) keluar, mereka juga udah hampir satu tahun nggak aktif, belum lagi waktu itu kepergian NTH, dan disband nya 2ne1 hampir barengan. Makanya banyak yang bilang kalau WINNER nggak sukses, mereka bakalan dibuat disband kayak 2ne1. Oh ya, dan Kang Seung Yoon bahkan waktu itu cerita kalau dia pernah disuruh berhenti bikin lagu karena lagunya nggak bagus sama Yang Hyun Suk. Tapi KSY disemangatin sama GD dan nyuruh kata kata itu dijadiin kalimat motivasi. Beban KSY disini berat banget apalagi dia itu leader Winner tapi karena dia dan member yang lain masih mau berjuang mereka tetap berusaha maksimal. Hingga akhirnya… keluarlah lagu Really Really. Lagu ini juga diciptain cuma dalam waktu 4 jam sama KSY. 

Sejak FNF/ Fate Number For (Nama album mini mereka yang ada 2 lagu : Really Really dan Fool) era ini, mereka selalu berpatokan sama angka 4. Member mereka ada 4, lagu diciptain dalam waktu 4 jam, album keluar tanggal 4, bulan 4, dan jam 4 sore pula. Terus 4 bulan kemudian, yaitu tanggal 4 Agustus, Jam 4 Sore mereka keluarin lagi mini album kedua (Our Twenty For : lagunya ada Love Me Love Me sama Island) . Seharusnya tanggal 4 Desember mereka keluar lagi lagu baru (biar ikutin teori FOR. F buat FNF, O buat OFF,  R buat ????) ya YG kan suka php dari dulu. Banyakin sabar aja mah sama YG. 

Lagu ini hits di Korea. Jadi kayak bahan candaan (konitasi positif) gitu sama orang sana. Misalnya ada orang nanya “Eodiya? (Kau dimana?)” Pasti langsung dibalas Jibiya (Di rumah?). Itu lirik pertama di lagu ini. Terus juga viralnya Kim Jin Woo sama kata-kata, “Neol Joahe(Aku suka kamu)”, dan oh ya gerakan dance nya pun mudah diikutin namanya tuh Look At my new Shoes dance. Wkwk. Dan Mino pun punya gerakan khas di lagu ini, yaitu “That Dance”. Sama kata-kata Hot Chilli woo nya Lee Seung Hoon. Pokoknya lagu ini viral deh di Korea.

Lagu ini ringan banget dari segi lirik. Lagu ini bercerita tentang cowok yang lagi mau nyatain perasaannya dia ke cewek gitu. Pokoknya liriknya ringan banget deh, ditambah melodinya yang adiktif ngebuat lagu ini nggak ngebosenin sama sekali. Dan lagu ini nggak kayak lagu Boy band korea yang biasanya, bahkan dulu banyak yang ngira kalau lagu ini buatan orang Amerika padahal mah ini buatan Kang Yuyun. Wkwk.

Ini terjemahan lirik pas bagian para Rap Line yang terakhirnya :

If I made you uncomfortable, let me know
I’ll take a step back
Just be a guy you know
I can wait


– Akdong Musician – The Last Goodbye 


Here’s the MV 

Duo ini nggak pernah bikin lagu yang mengecewakan. Mereka ini jenius bahkan sejak mereka ikut audisi Kpop Star. 

Lagu ini cocok didenger pas musim dingin. Karena suara Suhyun yang kayak malaikat itu pasti bakal sanggup melumerkan kedinginan dan membawa kehangatan (apalah! 😂). Serius tapi kalau denger lagu ini pas lagi dingin-dingin gitu hawanya beda, kayak lebih asyik aja gitu (pendapat pribadi ya). Lagian ini juga emang lagu buat winter orang dirilisnya aja pas winter 😆, sayangnya di Indonesia nggak ada musim dingin. 

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang udah putus tapi dia pengen perpisahan mereka itu baik-baik, dia nggak mau si mantan menanamkan memori kalau dia itu orang jahat hanya karena mereka udah putus karena toh nyatanya dia masih menghargai mantannya itu kok karena dia sebenarnya sih masih cinta sama si dia gitu.

Sepenggal lirik terjemahannya : 

Please don’t remember me
As someone hateful
I still don’t really know
I still can’t erase the traces of you
It’s so precious

– Ailee – I will go to you like the first snow


Here’s the Audio

Ini adalah lagu dari Ost. Goblin. Aku masih ingat banget waktu itu lagu ini keluar pas adegan si Euntak cabut pedang dari tubuh si Goblin aka Kim Shin. Itu adegan dramatis banget dan didukung pula sama soundtrack yang nyesek kayak gini, kombinasi maut yang mustahil nggak bikin nangis. 

Lagu ini rilis udah dari awal Januari, dan guess what? Lagu ini masih ada di Chart top 50! Itu rekor loh. Maksud aku, bahkan lagu lain aja (yang bukan ost) susah bertahan di top 100 selama 6 bulan. Nah ini udah 12 bulan masih tetep ada di posisi atas! Dan ini ost! Biasanya tuh posisi ost di Chart musik itu jarang bisa tinggi dan biasanya hanya hype pas dramanya on air aja, artinya kalau dramanya abis ya udah selesai. Tapi ini… ini lagu masih ada di posisi atas selama berbulan-bulan! 

Nggak heran sih soalnya aku juga dengar lagu ini berkali-kali nggak bosan-bosan. Suara Ailee itu kayak suara Diva. Teknik, Kontrol, Penjiwaan semuanya dikuasain sama dia. Dan hasilnya… bisa kelihatan di lagu-lagu dia yang grande banget. 

Lagu ini sendiri bercerita tentang perasaannya si Kim Shin. Dia merasa sebelum dia kenal sama Eun Tak hidup dia itu sepi banget. Bagi yang udah nonton Goblin pasti tahu gimana kesepiannya si Goblin ini hidup. Kim Shin merasa dia pengen sekali egois dan terus bersama sama Eun Tak sampai selama-lamanya tapi ya gimana… takdir nggak berpihak sama keadaan mereka berdua. Mereka harus berpisah tapi Kim Shin janji akan datang ke Eun Tak setiap salju pertama. FYI aja ya, salju pertama itu di Korea kayak dianggap hal yang sakti yang berkaitan erat sama adegan adegan romantis gitu deh. Pokoknya kayak begitu sih interpretasi aku pas baca terjemahan lirik nya. 

Ini nih penggalan lirik terjemahan yang aku suka. 

I started to become greedy
I wanted to live with you, grow old with you
Hold your wrinkled hands
And say how warm my life was


– IU – Palette ft G-Dragon


Here’s the MV 

Dua bias disatuin tuh rasanya… MENAKJUBKAN. Aku suka banget sama GD dan suara IU. Sebelum lagu ini aku dengar aku udah yakin lagunya pasti bagus. Setelah lagu ini keluar… aku speechless karena it was exceed my high expectation, so damn catchy and addictive!  

Waktu GD Tour, IU jadi bintang tamunya. Dan baru baru ini pas IU konser, GD jadi bintang tamunya. Dan yang lebih manisnya GD kasih hadiah ke IU. Hadiah itu bukan hadiah bermerek atau apapun itu karna GD kaya tapi hadiah itu malah album IU yang didesain pake Palette gitu sama GD. GD tahun ini sibuk banget loh, world tour sendiri belum lagi konser sama Big Bang tapi dia masih nyempatin waktu dia buat bikin hadiah spesial ini buat IU. Aakkhh… aku ship aku ship 😆.

Oke sekarang mending bahas arti dari lagu ini aja ya. Jadi tuh dari yang aku baca terjemahannya, lagu ini bercerita tentang kebebasan seorang cewek yang udah menginjak usia 25 tahun! Usia dimana kita nggak pusing lagi mikirin atau cari apa ya yang kita suka karena di usia ini kita udah mengenal kenyamanan kita sendiri dan tahu tentang diri kita lebih baik. Usia menuju tahap kedewasaan… usia pematangan kali ya istilah kasarnya. Jadi tuh ibaratnya ya (pemahaman kasar aku) usia remaja tuh kita kayak masih terpaku sama hal-hal yang stereotip, misalnya yang ini lagi Trend nah kita ikut-ikut aja gitu. Tapi pas udah usia 25, kita tuh kayak ciptain coret-coret palette di kertas kehidupan. Kita udah punya kebebasan, dan yang terpenting kenyamanan. Dan hal itulah yang membuat hidup kita jadi berwarna. 

Penggalan terjemahan lagunya :

I like it. I’m twenty five
I know you hate me
I got this. I’m truly fine
I think I know a little bit about myself now


-G- dragon – Untitled 2014


Here’s the MV

Lagu ini ada di Album EP G-dragon, yaitu Kwon Ji Yong. Sebenarnya lagu ini bukan title track dari album ini, rencana awal ituntuk Bullshit yang jadi tittle track. Tapi perilisan album GD ini berdekatan banget sama kasus yang nimpa TOP yang ngebuat TOP coba bunuh diri. Serius itu nyesek banget liat kasus TOP. Nah, karena nggak mungkin kan dia rilis lagu yang hype di situasi kayak begitu. Makanya dia milih Untitled 2014 yang jadi title track.

Album ini 0 promosi. Nggak ada promosinya sama sekali. Tapi King mah beda. Lagu ini ada di nomor satu iTunes Chart puluhan negara dan langsung naik ke nomor satu Melón dalam waktu yang cukup singkat. Pokoknya waktu lagu ini keluar viral banget deh. 

Untitled 2014. Banyak yang bilang kalau 2014 itu waktu kencan GD sama Kiko kencan. Ah tapi aku lebih suka yang make teori kalau 2014 = 1988+18+8 aka ulang tahun GD! 

Lagu ini sendiri adalah sebuah lagu penyesalan seseorang karena telah nyakitin orang yang paling dia sayang. Bahkan orang ini merasa udah nggak mungkin lagi bisa dapat kata maaf. Jadi itu lagu ini dia ciptain agar si ono sadar kalau dia benar-benar menyesal. Dia bahkan rela kehilangan semua hal yang dia punya asalkan si dia balik lagi atau bahkan cuma ketemuan aja juga dia udah bersyukur banget.

Aku banyak baca spekulasi kalau lagu ini diciptain GD buat si Kiko. Karena ya itu 2014 itu kayaknya waktu mereka mulai-mulai kencan terus akhir tahun lalu juga rumornya mereka putus. Yah jadiannya juga sebenarnya masih rumor soalnya GD nggak pernah confirm dia beneran pacaran apa nggak sama si Kiko ini. Yasudahlah daripada GD sama Kiko mending dia sama aku aja. Wkwk. 

Potongan terjemahan lagunya :

If this time passes
And I can forget it all
Even the memories, happy ones too
No, even in the next life
I want to meet you and love you again
Just like we did before


– BTOB – Missing You

Here’s the MV

Entah kenapa pas aku dengar lagu ini aku merasa vibe musik tahun 90 atau awal 2000an. Makanya pas dengar lagu ini pertama kali aku langsung suka! Yang aku dengar katanya ini lagu dicompose langsung sama membernya. Aku emang bukan stan btob, soalnya aku cuma tahu satu membernya doang si Sung Jae itu. Tapi aku kadang sering lihat video mereka atau tampilan live mereka. Mereka ini talented banget, nyanyi juga nggak pernah lypsinc. Dan mereka itu koplak koplak dan fandom mereka ini adem. 

Kayak judulnya lagu ini menceritakan kerinduan seseorang. Sebenarnya lagu ini lagu sedih tapi entah kenapa aku merasa adeeeemmmm banget pas dengar suara mereka, aku bukannya nangis tapi malah senyum. Padahal aku udah baca arti lagunya tapi tetap aja aku merasa adem dan senyum. Suara mereka ituloh…. dan musiknya juga nggak terlalu dibuat terlalu galau. Ini lagu kangen-kangenan tapi pakai musik santai. Aku suka!

Ceritanya tuh di lagu ini, cowoknya udah lama putus tapi dia masih belum bisa move on. Dia udah berusaha tapi tetap aja, ceweknya masih terngiang di keseharian dia. Dia pengen ceweknya balik lagi ke dia, nggak apa-apa walaupun ending mereka tetap sama asalkan dia bisa bersama lagi sama si doi.

Ini penggalan lirik yang aku suka :

I try to act like I’m fine
But my depressed face and your traces that are everywhere
That’s all on you
I still can’t forget you, come back to me
Even if we’ll have the same ending again

Ocehan di Malam Minggu yang sepi

Jadi beberapa saat lalu, aku pergi ke semacam pameran foto tentang kejadian-kejadian tahun 98 yang berhasil ditangkap oleh para fotografer. Tadinya aku pikir, mungkin suasananya bakal membosankan. Tapi aku salah besar, bahkan tiga jam aku muter-muter-muter area pameran itu sama sekali nggak ada rasa bosan, ngantuk, pegel, nggak ada. Aku justru bersemangat banget. Aku belajar banyak sejarah dari foto-foto jadul dan beberapa kopian koran lama yang di frame yang menceritakan betapa beringasnya kerusuhan tahun 98. Betapa banyak mahasiswa yang turun ke jalanan yang seram dan memperjuangkan demokrasi NKRI meski nyawa yang harus mereka pertaruhkan.

Aku jadi berpikir dengan kondisiku yang apatis (oke kata kasarnya : malas) ini, seandainya aku sudah jadi mahasiswa di tahun itu, apakah aku akan turun ke jalan? Atau hanya diam di rumah dan menyaksikan kawan-kawanku berlumuran darah dan tergeletak mengganaskan di jalanan lewat layar kaca? 

Well, aku bahkan tak bisa hal menjawab hal itu. Kalau aku mau jawaban aman, maka aku akan bilang, “Ya, aku pasti akan turun ke jalan, membela NKRI adalah harga mati.” 

Itu aku bilang jawaban aman dan patriot sekali, tapi nyatanya? Hmmm… bukannya aku tidak mau membela tanah yang sudah merawat dan menjadi tumpangan hidupku ini, tapi aku juga memikirkan nyawaku sendiri. Aku mau membela NKRI, tapi aku takut mati. Ya… ya… ya… aku memang pengecut tapi aku realistis. 

Yang mau aku bilang, aku angkat topi buat semua orang di tahun 98 yang sudah turut tangan membela NKRI. Meskipun ada banyak sekali drama tragis (yang sialnya masih belum terpecahkan sampai detik ini!!!), orang-orang yang hilang tanpa kejelasan, manusia-manusia yang rela menukar nyawa mereka demi reformasi demokrasi Indonesia, dan lautan manusia yang tetap bertahan untuk berseru untuk perubahan Indonesia yang jauh lebih baik. Aku salut sama kalian, aku berterima kasih sama kalian, aku sungguh beruntung punya kalian sebagai para pejuang Indonesia. Entahlah apa jadinya Indonesia saat ini kalau kalian dulu tidak bergerak, sangat mungkin Indonesia akan sama mengenaskannya dengan Korea Utara yang punya pemerintahan diktator atau mungkin Zimbabwe yang sudah benar-benar terpuruk sebagai negara. Kalian adalah para revolusioner, yang punya dampak sangat besar untuk Indonesia masa ini.

Oh ya, di pameran foto itu juga ada diskusi tentang masalah tahun 98. Para pembicaranya asyik, mereka lucu-lucu tapi sangat berotak. Pengetahuan aku jadi bertambah banyak tentang sejarah Indonesia. Diskusi ini juga membahas masalah Ahok dari sudut pandang orang yang paham bahwa ada satu manusia yang dibuang sia-sia oleh negaranya hanya karna dia minoritas. 
Yang jelas… ada banyak hal yang aku pelajari dari empat jam aku ada di pameran itu, yang sayangnya aku nggak bisa jabarkan karena ada banyak sekali dan itu sudah lebih dari seminggu yang lalu dan kapasitas memori di otakku itu kecil, ada beberapa hal yang aku lupa, jadi takutnya kalau aku bilang ini-itu, malah ternyata salah maksud. So, aku milih untuk bermain aman aja.

Lagipula, aku juga nggak tahu sejarah yang asli tentang segala kerusuhan yang terjadi itu karena aku tahu sejarah Indonesia itu terlalu banyak drama dan tipu dayanya. Jadi lebih baik belajar sejarah itu nggak hanya dari satu sumber tapi harus mesti wajib kudu dari banyak sumber  (bahkan kadang ini pun banyak pelintirannya).

Hmmm…

Sepetinya sudah cukup aku acara ngocehku yang aku buat agar mengembalikan hasratku buat nulis ini. 😄😄😄

#Song of the day : Sign Of The Times by Harry Styles


Saya suka lagu ini. 
Banyak yang bilang … lagunya repetitif, liriknya diulang-ulang terus… ah, tapi aku tetap suka. Malah menurut aku ini pas, dan nggak berasa loh kalau lagunya lima menit lebih. Pas kok, dan feelnya dapat banget. Pesan di dalam liriknya pun kuat banget, dan melodi lagunya yang berasa ballad rock jadul makin memperkuat feel dalam lagu ini. Harry cerdas banget milih genre yang kayak begini, karna musik yang kayak gini itu everlasting. Mau didenger berapa kali pun nggak bakal bosan. 

Aku suka banget sama Harry Styles yang nggak mainstream kayak artis kekinian yang lebih milih musik menghentak ala EDM, dia malah mengikuti passion dia. Dan jujur aja pemilihan genre dia kayak begini ini malah menunjukkan musikalitas dia itu tinggi. Bangga aku sama Harry Styles. 

Ada banyak teori tentang makna di lagu ini. Dan aku paling cocok sama teori kalau lagu ini adalah tentang kematian atau juga tentang perang, karena kan Harry itu bakal jadi Cast film yang menceritakan PD II gitu. Mungkin aja lagu ini bakal jadi ost-nya.

Mulai dari liriknya yang, “Welcome to the final show, hope you wearing your best clothes.”

Lirik itu punya interpretasi kalau final show yang dimaksud adalah akherat. Dan setelah kita sampai di akherat kita diharapkan untuk mengenakan pakaian terbaik kita.

Terus lirik, “You can’t bribe the door on your way to the sky.”

Intinya sih ini bilang kalau kita tidak bisa menyogok untuk bisa melewati pintu untuk masuk ke langit. Jadi, effort kita yang di dunia lah yang dihitung. Lo nggak bisa nyogok, karena lo udah mati. Udah gitu aja. Materi itu nggak diperhitungkan ya di akherat.

Lalu lirik, “You look pretty good down here; But you ain’t really good.”

Ini menjelaskan kalau ya kita kelihatan lumayanlah di sana tapi kita nggak begitu cakep karena nggak bisa dipungkiri fakta kalau kita ini udah mati. 

Lalu lirik ini, “We never learn, we been here before; Why are we always stuck and running from The bullets?”

Kita ini pernah ada di situasi kayak begini, tapi kita nggak pernah benar dari kesalahan kita. Jadi, pada akhirnya, kita hanya akan stuck di tempat dan berupaya lari dari peluru. Aku bisa tangkap makna kalau peluru ini bisa mengandung makna dosa. 

Chorusnya pakai lirik, “Just stop your crying; It’s a sign of the times;We gotta get away from here.”

Kita nggak boleh cengeng lagi, jangan pasrah. Kalau kalian nggak nyaman, kalian bisa lari dari situasi itu.

Just stop your crying; It will be alright; They told me that the end is near; We gotta get away from here.

Nah lirik yang ini masih sama untuk menyuruh kita jangan hanyut dalam kesedihan karena kalau kita berjalan terus, kita akan mencapai persinggahan terakhir. Jadi, berusaha lah kalau mau hal itu terjadi, jangan hanya bisa nangis!

Just stop crying; Have the time of your life.

Berhentilah menangis, nikmati saja waktu yang kita punya.

Breaking through the atmosphere; And things are pretty good from here.”

Kita ini sudah menembus atmosfer, dan dari sana, hal-hal kelihatan indah. Ini menjelaskan banget kalau kita udah nggak berpijak pada dunia atau bumi lagi.

Remember everything will be alright; We can meet again somewhere; Somewhere far away from here.

Semua hal pasti akan indah pada waktunya, ingatlah hal itu dan kita mungkin masih bisa reuni tapi nggak di dunia lagi … mungkin tempatnya jauh sekali dari bumi, dan menurut aku tempat itu adalah akherat.

Bridge nya punya lirik, “We don’t talk enough; We should open up; Before it’s all too much.

Ini menggambarkan situasi di dunia saat ini memang. Kita itu udah jarang menerapkan prinsip sosial secara langsung karena teknologi, dan hal ini menjadikan manusia agak egois. Kita jadi nggak mau terbuka sama seseorang. Padahal sosialisasi kan artinya membaurkan diri secara langsung dan merasakan itu namanya kebersamaan, bukannya sosialisasi di gadget karena bahkan kalau kita bertemu orang secara langsung aja kita ini masih bisa ditipu apalagi lewat teknologi canggih kayak begitu. 

Will we ever learn?; We’ve been here before; It’s just what we know.

Apa kita nggak sadar kalau kita pernah ada di situasi ini. Sayangnya, kita hanya tahu hal itu tapi kita nggak bisa belajar dari kesalahan. 

Lihatlah, lirik-liriknya itu karena walaupun liriknya nggak begitu banyak tapi lirik ini indah dan punya pesan dalam. Lirik ini adalah teguran untuk para manusia sebelum sampai ke akherat bahwa akherat itu nggak seperti bumi. Kita nggak bisa egois di sana, kita nggak bisa cengeng di sana, kita nggak boleh stuck dan pasrah aja, bahwa kita pun harus usaha. 

Coba deh bandingin sama lirik-lirik yang sering jadi raja chart akhir-akhir ini. Apa coba makna lagu mereka itu? Palingan mereka cuma bahas malah cinta, sakit hati, dan kebanyakan sih bahasnya tentang seks 😒😒😒. Harry ini masih muda loh, umurnya masih 23 tahun. Tapi dia malah bikin lagu yang bijak kayak begini (Iya harry yang ciptain lagunya!!!!), jadi sudah jelas kan kedewasaan dia dalam bermusik. Ini nih yang paling penting harus dipunyai seorang penyanyi karna hal ini yang bakal mereka terus berkembang imbalannya adalah dia tidak akan cepat dilupakan dan akan terus bertahan. 

Mungkin tiap orang punya persepsi yang beda tentang hal-hal yang aku sebutkan di atas, karena kan beda kepala pasti sudah beda pemikiran. Aku hanya menyampaikan emosi yang aku dapat saat aku dengar dan resapi melodi dan lirik dari lagu ini.Dan itulah hasilnya.

Kupendam Dendam

​Hey, aku marah padamu

Tidak … aku tidak menunjukkannya langsung

Karena marah ini tertahan

Terpendam di dalam hati

Dan akan berkembang menjadi dendam penuh benci 

Ingatlah pesan ini

Berhati-hatilah pada si pendiam

Diam-diam amukannya bisa menikam

Kau akan tahu maksudku

Setelah kau merasakan hantamanku

Jadi ingat baik-baik pesan ini

Karena ini peringatan buatmu makhluk sok suci tapi penuh kepalsuan yang sangat kubenci . Haha.

Novel, si baik yang penuh derita

​Aku post ini karena aku respek banget sama Novel Baswedan, salah satu penyidik terbaik KPK. 

Dia dengan perbuatan baiknya sudah berhasil menangkap para tikus busuk ke dalam tempat yang semestinya. Kerja keras dia dan tim di KPK perlahan membuat para koruptor yang membludak di Indonesia ini menyusut pelan-pelan. 

Sayangnya, ada orang yang ketar-ketir oleh tajamnya Novel Baswedan dan jajaran KPK mencium aroma tak sedap seorang maling tingkat atas. Ya, dan rasa takut itu pun melahirkan sebuah tindakan kejahatan. 

Bukan sekali atau dua kali, tapi teror yang diterima Novel Baswedan lebih dari itu. Da yang terakhir yang paling panas, dia disiram air keras tepat di wajah, ralat tepat ke MATA! Orang jahat itu jelas sekali mengincar mata Novel, dan aku yakin ada maksud tertentu dari tindakan tidak manusiawi itu. 

Dan sialnya, si jahat tahu benar momen yang tepat untuk melakukan tindakan itu. Dia memilih penyerangan di saat semua perhatian fokus ke Pilkada DKI Jakarta yang menguras tensi sehingga kasus penyerangan ini jadi kehilangan blow up besar-besaran dari media. Dan aku yakin lama-lama kasus ini pun akan menghilang tanpa ada penyelesaian lebih lanjut … atau mungkin POLRI sebagai lembaga yang seharusnya menjamin keselamatan dan keamanan WNI bisa bekerja lebih keras dan membongkar dalang dari semua penyerangan ini. 

Ini bukan kasus yang pertama terjadi, dan ini pun bukan hanya Novel yang menjadi korban. Sudah banyak sekali penyidik KPK atau ICW yang diteror tapi kasus mereka tidak ditangani lebih lanjut oleh Polisi dan akhirnya lenyap juga dari perhatian. 

Sungguh. Ini masalah gawat. Kita berbicara soal HAM di sini. Hak-hak hidup para orang baik ini diancam padahal mereka layak mendapat perlindungan yang lebih tinggi lagi dari negara karna hey … mereka itu penyelamat negara dan timbal balik negara adalah kembali menyelamatkan mereka. 

Entah siapa dalang utamanya, tapi yang jelas ada pepatah yang bilang kalau bangkai kalau disembunyikan di tempat yang paling sulit dicari pun pasti lama-lama baunya akan tercium. Dan suatu saat, kalian para penjahat akan menerima akibatnya, baik di dunia atau pun di akherat karna tidak ada namanya happy ending untuk seorang penjahat. Kalian itu hanya seorang penakut yang akan berakhir menjadi pengecut!!!!

Happy ending hanya akan berhasil untuk orang-orang baik karna mereka layak untuk mendapatkan penghargaan tinggi dari Tuhan baik di dunia atau pun di akherat.

Harapan Baru pada Musik di tahun 2017

​Aku senang banget dengan musik di awal tahun ini. Aku merasa kalau era Edm perlahan mulai memudar dan musik dengan atmosfer lawas malah jadi highlight. 

Oh, ya … aku pertegas ya kalau aku bukannya benci sama musik edm rapi aku nggak begitu suka aja karena musiknya kayak gitu-gitu aja irama atau dropnya. Nggak ada perkembangan, jadi lama-lama aku bosan dan kesal pas musik edm kedengaran di kuping aku. 
Btw, aku nulis ini bukan buat masalah edm. Aku mau bahas musik kekinian tapi cita rasanya jadul. Dan aku berterima kasih banget sama … 
BRUNO MARS DAN HARRY STYLES!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Mereka (plus Ed Sheeran dengan modern pop nya) berhasil musik di tahun 2017 ini terselamatkan. Aku senang karena ada juga musisi yang buat lagu dengan benar-benar bagus kayak begini. Serius, mereka keren banget. Mereka bikin musik di era musik Edm tapi mereka bisa taklukan itu musik edm dengan atmosfer baru nuansa jadul. Keren euy.

Pertama aku bakal bahas Bruno Mars dulu ya. Bruno itu salah satu penyanyi yang paling aku suka karya-karyanya karena dia itu berani keluar dari jalur. Dimulai dari album yang unorthodox juke box dimana lagunya itu lebih berat dari lagu-lagu dia di awal karir dia, ini membuktikan kalau dia pengen bikin musik sesuai apa yang dia inginkan … dia nggak ngelirik pasar tapi pasar yang harus lirik dia. Itulah gunanya musisi bukan?

Aku lebih senang lagi sewaktu Bruno meluncurkan album barunya yang 24K Magic. Cita rasa yang dia bawa berbeda lagi dari album sebelumnya … dia milih genre RnB, soul, dan funk dengan atmosfer tahun akhir 80an sampe era 90an. Bruno tahu aja kalau memang musik di era itulah yang paling bagus dan dia berhasil bikin musik yang sama bagusnya kayak era itu. Beneran deh aku respek banget sama Bruno Mars. Dia itu musisi sejati. Dia hampir bisa main semua alat musik, dia ciptain dan produserin lagu dia sendiri. 

Kadang aku mikir kalau Bruno ini the next MJ,  kalau didengar sekilas ada nuansa MJ di suara Bruno, bahkan muka Bruno Mars pun sedikit mirip kayak MJ. Itu keren!!!

Dan aku bangga udah ngefans sama dia. Sumpah.
Lalu penyanyi kedua yang mau aku bahas yaitu Harry Styles!!!
Sudah dengar belum lagu dia baru dia (sebagai penyanyi solo) yang THE SIGN OF THE TIMES sama EVER SINCE NEW YORK? 

Kalau belum dengar, kalian mesti dengar karena dua lagu itu Keren banget!!!! Aku jadi penasaran sama lagu-lagu dia yang lain. 

Kalau Bruno tadi genre lagunya RnB 80/90an, nah Harry ini ngambil Ballad Rock tahun 70/90an. 

Gini ya … Harry itu kan bagian dari One Direction yang genre nya pop banget tapi pas dia bikin solo project lihatlah kedewasaan dia milih Genre musik, bikin musiknya, dan nulis liriknya. Aku yakin Harry bakal bertahan lama banget di dunia musik karna aku bisa denger passion dia yang tinggi di musik. Pokoknya aku bahagia banget dengan fakta kalau Harry bikin lagu kayak begini … pas pertama denger SOTT aku nangis loh. Aku nangis karena bahagia dengan pilihan dia, aku bahagia karena lagu dia indah banget dan artinya itu dalem banget, dan aku bahagia karena aku nggak salah kasih ekspetasi tinggi ke dia pas dia mau solo. Aku percaya dia akan berhasil dan lihatlah dia … nggak cuma berhasil dia bener-bener taklukan semua itu. Bahkan aku lebih senang Harry solo kayak gini, karena talenta dia itu agak tersembunyi pas di one direction. Eh, tapi aku tetap berharap One Direction tetap bertahan ya… aku suka One Direction soalnya 😊😊😊.  
Udah kayaknya segitu aja.