Best Korean Songs in 2017 part. II

– Bolbbalgan4 – To My Youth

Here’s the audio 

Lagu ini bukan tittle track di album barunya Bolbbalgan4 : Red Diary. Title track di album itu Some dan blue, tapi aku lebih jatuh cinta sama melodi di lagu ini. Setelah aku baca arti lagu ini : AKU SPEECHLESS. Lagu ini aku banget!!!!! 

Serius aku nangis waktu baca translate lagunya, berasa kayak lagu ini menceritakan tentang kehidupan aku. 
Lagu ini bercerita tentang ketakutan seseorang terhadap dunia, terhadap orang-orang yang berharap lebih sama dia. Ketakutan itu membuat dia tertekan, dan merasa kalau lebih baik dia nggak ada aja di dunia supaya dia nggak mengecewakan dunia dan orang-orang yang dia sayang. 

Masa remaja selalu identik dengan keceriaan dan lain-lain kan? Tapi nggak juga tuh, sama kayak di lagu ini… masa remaja aku penuh dengan tekanan. 

Mereka bilang masa remaja itu indah tapi yang aku lakuin selama masa remaja dulu adalah nangis dan merasa kesepian karena aku nggak pandai merebut hati orang untuk ada di dekat aku. Aku juga nggak terbuka sama keluarga, dan itu membuat aku terasing banget sama dunia bahkan aku pernah coba satu kali bunuh diri agar aku bisa lenyap dari semua hal di dunia ini.  Serius kehidupan aku persis banget banget sama yang diceritain sama lagu ini! Ya memang kadang aku merasa bahagia tapi di kebahagiaan itu juga aku ngerasa takut karena aku tahu kebahagiaan itu cuma bertahan sebentar (dan ini juga ada di lirik lagunya. Serius yang bikin lagu ini bisa baca pikiran aku apa ya 😂).

Tapi juga sama kayak lagu ini… aku mulai bangkit perlahan-lahan. Aku yakin pepatah yang bilang kalau nggak ada yang mustahil di dunia ini akan selalu bekerja kok pada orang-orang yang tepat, semoga aku termasuk dalam jajaran orang orang tepat itu 🙏🙏🙏🙏. Kalau aku terus berusaha, mungkin aku bisa menemukan jati diri aku yang lebih baik dan membuang jati diri lama aku yang penuh dengan pesimistis. 

Best lyrics : 

But still, maybe I can be
A bright light in this world
Maybe after all of that pain
I can shortly shine a light
So I couldn’t give up
I couldn’t fall asleep peacefully for a single night
Because maybe if I keep trying to get up like this
I will find myself


– Melomance – Gift 

Here’s the MV

Aku tahu ada Duo Melomance ini sejak mereka mengisi ost. Because This is My First Life. Duo ini lagi populer banget loh di Korea. Dia tahun ini juga banyak isi ost drama korea (sejauh ini ada 3) dan itu juga pas lagi di akhir tahun ini dramanya. Pokoknya dia terkenal pas menjelang akhir tahun ini. Aku juga udah cek semua lagunya dan aku sukaaaa sama semuanya… musikalitas mereka dalam bermusik itu bagussss banget!!!! Serius. Aku yakin nama mereka akan makin besar dan jauh lebih besar dari sekarang.

Lagu ini adalah salah satu lagu yang aku suka di antara lagu-lagu lainnya karena maknanya. Lagu ini itu mengajarkan kita untuk bersyukur bahwa semua yang terjadi di kehidupan kita mulai dari hal yang besar sampai hal yang paling kecil sekalipun adalah hadiah dari Tuhan. 

Bersyukur adalah hal yang kadang suka dilupakan sama manusia, apalagi kalau lagi senang, biasanya kita larut dalam kesenangan hingga lupa kepada siapa kita diberikan berkah kesenangan itu. Tapi giliran kita sedih, hal yang pertama kita lakuin adalah mengeluh. Hal yang kayak begini sering banget terjadi sama aku. Kalau aku hitung-hitung mungkin kualitas bersyukur aku cuma ada 1%, sedang 99% lainnya aku lakuin buat mengeluh. Itu jelas salah. Mungkin ini juga yang jadi faktor yang ngebuat aku depresi kali ya. Makanya mulai saat ini, aku mau belajar untuk mulai mencintai hadiah kehidupan ini dari Tuhan.

Best lyrics :

It’s like a gift just for me
All the small things are getting bigger
This moment that ordinary daily life becomes special
Things that passed by without notice 
Now it looks just beautiful to me
Makes me excited


– You, Cloud, Rain – Heize ft Shin Yong Jae 

Here’s the MV

Heize adalah salah satu ratu digital tahun ini. Dia itu rapper tapi suara dia pas nyanyi itu bagus, ada warnanya alias gampang nebak ini suara punya siapa. Aku tahu Heize pas dia isi ost. Goblin yang Round and Round.  Serius kalau aku perhatiin ya kayaknya semua penyanyi yang isi ost. Goblin tuh rata-rata bersinar banget di tahun 2017 ini. 

Lagu ini sendiri kayak judulnya cocok banget didengar pas hujan-hujan. Menurut mitos kan hujan itu suka membangkitkan kenangan lama dan akhirnya membuat kita jadi baper, persis kayak yang diceritakan di lagu ini.

Jadi si cewek baper pas hujan, dia ingat sang mantan padahal udah lama dia nggak mikirin mantan tapi entah kenapa hujan saat itu ngebuat dia inget mantannya. Karena lagi baper ya sekalian aja dia sedih-sedihan total sama si hujan. Dia bahkan sengaja lewat rumah si cowoknya untuk menyegarkan ingatan dia dulu waktu mereka masih bersama. Tapi dia cuma mau larut kesedihan selama hujan turun aja, jadi kalau hujan berhenti maka dia harus juga menghentikan kesedihan nya dan mulai move on untuk mencari kebahagiaan yang baru.

Sementara itu yang bagian Shin Yong Jae ceritanya dia juga larut dalam kenangan mereka pas lagi hujan. Dia menyesal udah putus sama si cewek. Dia mau hujan tetap bertahan selamanya agar dia bisa hidup bersama memori dia dan si mantan karena kalau di kenyataannya dia sadar diri dia nggak pantas bersama si mantan lagi.

Best lyrics :

The happiness that was given to us
We must have used it all up too soon
I think that was the end
When this rain stops, we have to go our own ways
And live our own lives again


– Yoon Jong Shin Like it

Here’s the Audio

Jika ditanya apa lagu yang paling booming di Korea tahun ini? Maka lagu ini adalah salah satu lagunya. Serius lagu ini meledak banget di Korea. Ada di posisi nomor satu Chart selama berminggu-minggu dan juga banyak di cover sama penyanyi penyanyi korea.

Pas dengar lagu ini aku nyesek banget dan pas baca arti lagunya tambah nyesek njir! Lagunya itu kayak cerita dan Yoon Jong Shin juga bawain lagunya kayak cerita yang emosional. Berkali-kali aku dengar lagunya, aku tetap nyesek. Dan sekali dengar lagu ini, langsung terngiang gitu di ini. Sampai di rumah aku teriak teriak  nyanyiin lagu ini dan bikin orang rumah keganggu 😆😆😆. 

Yoon Jong Shin ini bukan penyanyi muda loh ya. Dia itu senior. Dia itu legend lah di dunia musik korea. Udah banyak banget dia ciptain lagu hits. Dan biasanya dia suka bikin monthly project gitu, jadi setiap bulan dia bikin satu lagu, produktif banget gila nih ahjussi. Nah pas bulan oktober dia keluarin lagu ini sebagai monthly project dia. Dan lagu ini pun langsung jadi tren! Aku yakin banget ini lagu pasti jadi nomor satu di tempat karaoke orang sana (FYI, orang Korea itu hiburan nomor satunya adalah tempat karaoke). Banyak pasti laki-laki galau yang nyanyiin lagu ini 😂😂😂😂.

Lagu ini sendiri bercerita tentang seorang cowok yang belum bisa move on, sedangkan si cewek udah bisa move dan punya kekasih baru. Karena hal inilah dia kesal dan marah. Dia merasa nggak adil aja karena dia selama ini kesakitan karena nggak bisa move on eh sementara ceweknya malah udah bahagia sama pasangan lain. Tapi dia pengen ceweknya itu nggak bahagia sama cowok barunya karena dia mau ceweknya galau dulu baru boleh move on (selfish ya 😂). 

Serius deh lagu ini RECOMMEND BANGET! Jangan karena yang nyanyi udah tua jadi malas dengerin, serius coba dulu dengar deh. Pasti nagih, pasti baper, dan pasti bikin nyesek. Aku juga udah liat perform live nya Yoon Jong Shin bawain lagu ini dan itu 100 kali lebih nyesek euy… aku bahkan nahan napas pas menuju ending lagunya. Gokil ini lagu!!!!

Best lyrics :

Are you okay now?
We had a hard time
The end of our relationship was just a farewell
It was too hard
I heard you’re doing well
You’re already seeing a good man
I didn’t ask it but someone told me


– Yoon Jong Shin, Minseo – Yes

Here’s the MV 

Ini monthly project Yoon Jong Shin juga. Dia bikin konsep yang sangat unik untuk project dia ini. Karena apa? Karena lagu ini adalah jawaban dari lagu yang tadi di atas udah aku sebutin. Ini lagu jawaban ceweknya. Jadi kalau yang cowok tadi bilang, “Like it?”. Nah ceweknya balas : “Yes.” Ini lagu melodi sama musiknya sama kayak yang Like it bedanya yang nyanyi cewek dan liriknya 100 persen beda.

Yoon Jong Shin sendiri udah sering duet sama Minseo. Kalau nggak salah belum debut resmi deh si Minseo ini tapi berkat lagu ini dia sukses ada di nomor satu Chart dan sempat menang juga di acara musik korea gitu. 

Konsepnya aku acungi jempol. Jarang banget ada musisi yang mikirin konsep kayak begini. Biasanya kan musisi bikin lagu cuma dari satu pihak aja, nah ini… dia bikin dari dua pihaknya. Aku jadi penasaran, mungkin monthly project selanjutnya  (bulan desember), akankah lagunya itu curahan hati dari si pacar baru yang cewek? Biar komplit gitu 😆😂😆😂.

Kalau yang cowok galau banget habis di tinggalin si cewek, beda sama si cewek karena dia mikir dengan jernih. Mereka putus? Okay… gue masih bisa lanjutin hidup, cowok juga nggak cuma satu ada di dunia ini. Dan akhirnya dia bisa move on dan nemu cowok baru. Dia suka cowok barunya ini, cowok itu ngertiin dia banget nggak kayak si mantan yang nggak peka. 
Dan di lagu ini juga ceweknya bilang agar mantannya itu jangan drama karna masih cengeng gara-gara perpisahan mereka (badass girl), dia itu cari cowok baru juga karena dia pengen bahagia. Terus cowok barunya itu cinta banget sama dia, bahkan si cowok baru tahu dia punya kenangan buruk sama si mantan tapi si cowok baru tetap ada di si dia. Dia mau si mantan move on, cari cewek baru dan cintai cewek baru itu lebih banyak dari cinta si mantan buat dia dulu dan juga dia mau si mantan nggak nyakitin cewek baru kayak dulu dia nyakitin si cewek ini. 

Best lyrics :

I’m happy because I’m in love
He said I’m pretty when I
He likes the way I am, he loves me so much
Even he knows that I have a sad memories
I like him, honestly, I thank to him
I hope you’ll be happy soon
Love her ten times than you did to me
And don’t ever do that again which
you did to me


– Day6 – I Smile

Here’s the MV

Jujur ya… ini lagu pertama yang aku dengar dari Day6 dan aku langsung jatuh cinta sama mereka! Dan serius semua lagu yang mereka keluarin itu nggak ada yang nggak enak. Semuanya itu enak-enak dan ngeblend banget sama suara mereka.
Day6 tahun ini produktif banget, mereka ngerilis lagu tiap bulan dan juga satu full album tahun ini. Tapi di antara semua lagu yang udah rilis aku milih lagu ini sebagai lagu terbaik Day6 di tahun ini. Aku sukaaaa banget sama nada di lagu ini kayak terngiang-ngiang terus gitu di kepala.

Entah karena lagunya punya judul ada smile-smilenya gitu aku jadi keingat sama lagu Winner yang smile again. Winner dan Day6,  dua-duanya ini punya kemiripan, mereka debut hampir barengan, mereka kehilangan member mereka dan di tahun ini mereka itu produktif dan makin banyak yang suka. Usia – usia member Winner sama day6 itu juga hampir sama, aku jadi berharap winner sama day6 nongkrong bareng terus Jae ngasih les privat ngajar bahasa Inggris gratis ke semua member Winner 😂😂😂😂. 

Lagu ini sendiri bercerita tentang sepasang mantan kekasih gitu. Jadi si cewek minta ketemuan sama si cowok gitu tiba-tiba. Setelah mereka sekian lama mereka putus eh si cewek minta ketemuan, mana si cowok masih nyimpan cinta juga ke ceweknya. Si cowok itu semangat tapi juga takut ketemuan sama si cewek ini karena dia takut si cewek sadar kalau si cowok masih kangen dan masih ngarep sama si cewek. Dan untuk menutupi rasa gugupnya, pas ketemuan, si cowok senyum. Dia pura-pura baik-baik aja dan kasih fake smile tapi sebenarnya dia itu sakit hatinya. Setelah mereka ketemuan, senyum palsu yang si cowok umbar pun langsung lenyap.

Best lyrics :

But today, I smile
Even though it hurts, I smile
In front of you
I pretend that I’m fine
I pretend that I’m okay
I have to


– Naul – Emptiness in my Memories 

Here’s the MV

Naul adalah salah satu penyanyi ballad yang paling terkenal dan paling dihargai di Korea. Pokoknya setiap dia keluarin lagu baru, pasti hampir selalu ada di posisi atas dan dia itu penyanyi paling favorit diputar sama cowok-cowok di tempat Karaoke Korea. 

Yang aku suka dari Naul itu suaranya yang khas, pokoknya setiap ada lagu sedih dari dia aku selalu ngerasain kesedihan dia, kayak dia nyanyi itu sambil nangis loh. Oh ya, dia juga salah satu penyanyi korea yang punya range vocal yang lebar banget dan dia makin ngebuat lagu dia selalu klimaks. 

Intinya lagu ini bercerita tentang seorang cowok yang masih terjebak dalam memori bersama mantan kekasihnya gitu. Yang buat dia kemana-mana tuh jadi sedih karena mantannya selalu terbayang sama dia, dia ingin kalau ada angin lewat bisa menghapus memori kesakitan dia itu agar bisa bisa hidup lagi.

Best lyrics :

If this numb heart fills up this space
Will I be able to live through this day?
The empty seat of the runaway memories
Can you look upon it?


– Park Won – All of my Life

Here’s the MV

Aku merasakan vibe John Legend di suara Park Won ini dan serius deh lagu ini mengingatkan aku sama lagu All of Me. Nggak kok lagunya nggak mirip secara melody tapi meaning dan keromantisannya yang menurut aku sama. 

Lagu ini menceritakan tentang perasaan seseorang yang depresi gitu dan udah nyerah sama keadaan tapi ada seseorang di sisi dia yang nyemangatin dia dan selalu ada di sisi dia. Pokoknya setelah dia bertemu sama orang itu, dia merasa jadi sosok yang lebih positif dan yakin sama mimpi dia. Dia berusaha kuat buat ngabulin mimpi dia dan juga mimpi orang itu. Tapi sayang pas dia udah punya segalanya, dia makin terobsesi sama impian dia dibandingkan sama cintanya dia. Dan akhirnya cintanya pun lepas dari dia. 

Jadi dia buat lagu ini berharap orang itu dengar curahan hati dia ini.

Best lyrics :

All of my life, when I was struggling
You are all of my life, you filled me up
I tried filling myself up with other things
all of my life
you are all of my life
But I couldn’t be filled


– K. Will – Non-fiction

Here’s the MV

K. Will akan selalu jadi penyanyi ballad favorit aku. Semua lagu yang dia nyanyiin itu enak-enak. Suara dia juga khas banget. Pokoknya aku selalu excited kalau dia isi ost drama gitu, soalnya suara dia bikin drama jadi lebih hidup. 

Aku suka sama melodi lagu ini, gampang stuck di kepala. Dan entah kenapa aku berasa kalau lagu ini lagu soundtrack drama masa… mungkin karena K.will keseringan nyanyi soundtrack kali ya aku jadi punya pikiran kayak gitu.

Lagu ini sendiri bercerita tentang penyesalan seseorang karena udah menyia-nyiakan orang yang dia cintai hingga akhirnya orang itu lepas dari tangan dia. Dia rindu orang itu dan dia sadar kalau nggak ada lagi cinta kayak orang itu bahkan sampai kapanpun orang yang akan selalu dia nanti ya orang itu.

Best lyrics :

I miss you so much
I miss you like crazy
Why after all this time
Did I finally figure out
That there won’t ever be a love like you
Even when tomorrow comes
The person who I will long for


– Urban Zakapa – When We are two

Here’s the MV

Aku juga tahu Urban Zakapa sejak dia isi soundtrack Goblin. Jujur ya aku nggak terlalu ikutin Urban Zakapa tapi aku tahu kalau mereka punya lagu yang isinya berkualitas semua. 

Contohnya aja lagu yang baru keluar bulan lalu ini. Lagu ini punya melodi yang membuat kita sebagai pendengar nggak bosan dengar lagunya berkali-kali walaupun ini lagu mellow. Lirik dan melodi di lagu ini simple tapi ngena banget.

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang ingat kembali kenangan bersama orang yang spesial buat dia waktu itu. Di ingat waktu itu memang banyak kesedihan, keegoisan saat mereka menjalin hubungan tapi dia merindukan saat-saat kebersamaan mereka. Dia nggak mau balik ke masa itu, dia cuma mau bisa melewatkan waktu bersama dengan orang spesial itu lagi. 

Best lyrics :

I just miss the time when there were only two of us in the world
I just miss then
It’s not I want to go back to that time
It’s not that light instant feeling
I just miss the time when there were only two of us in the world
I just miss then


– Ben – Can’t Go

Here’s the MV

Ini adalah soundtrack dari drama This is my 1st life. Itu juga salah satu drama yang paling rekomen tahun ini! Serius aku suka banget sama drama itu. Akting, dialog, pengambilan gambar, feel, semuanya ngena banget dan menurut aku itu drama yang paling realistis untuk menggambarkan kehidupan jaman sekarang. Serius itu drama wajib tonton!

Sebenarnya hampir semua lagu di drama ini favorit aku tapi menurut aku ini yang paling ngena karena liriknya paling dalam di antara lagu-lagu yang lain. Melodi di lagu ini juga enak banget. 

Yang bikin aku jatuh cinta sama lagu ini itu karena lagu ini kayak diciptain buat aku. Ya ampun, serius ini lagu berasa kayak aku yang buat 😂😂😂😂. Ini lagu bercerita tentang seorang penulis yang kena writer’s block dan dia kebingungan gitu mau lanjut nulis tapi nggak tahu mau tulis apa, pikiran dia blank gitu. Serius aku juga kayak begitu akhir-akhir ini… aku pengen nulis, ada ide, tapi bingung mau gimana. 

Ah serius ini lagu aku banget!!!!

Best lyrics :

Even if I endure through a day like today
Each day keeps repeating
Foolish things keep repeating
So I’m standing in a corner by myself
Thinking maybe tomorrow will be different

Tinggalkan komentar